Jelang HKN, Dinkes Gelar Berbagai Kegiatan

Sebarkan:
Rangkaian Kegiatan Jelang HKN Ke 53 Tahun 2017












LABUHA- Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke  53 Tahun 2017. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) menggelar berbagai rangkaian kegiatan. Hal itu sesuai dengan arahan Kementrian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia, dengan tema yang diusung ‘Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku.

Hal itu disampaikan Kepala Dinkes Halsel, dr. Juri Hendrajadi kepada Potretmalut.com pada Kamis 16 November 2017. Bahwa  HKN yang ke 53 dengan tema yang diusung ‘Sehat Keluargaku Sehat Indonesiak’ artinya diharapkan   gerakan sehat yang dimulai dari keluarga  atau pendekatan keluarga, Inti dari Program tersebut adalah penggerakan keluarga untuk hidup sehat  secara mandiri, dengan alasan tersebut maka kegiatan-kegiatan yang dirangkaikan pada HKN kali ini akan melibatkan seluruh masyarakat. “Kami dari Dinkes Halsel, akan menyelenggarakan sejumlah rangkaian kegiatan untuk menyambut HKN,” kata dr. Juri

Menurut dr. Juri Hendrajdi bahwa, pada Jumat 17  November, Dinkes akan mengadakan senam bersama, makan buah bersama, pemeriksaan kesehatan seperti gula darah, kolesterol dan lainnya, serta donor darah. "Jumat besok, kami menggelar kegiatan yang merupakan bagian dari sejumlah rangkaian kegiatan untuk menjaga kesehatan masyarakat di Halsel,”jelasnya. 

Selain itu pada Senin 20 November, juga dilaksanakan upacara pada puncak HKN akan  dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Halsel, yang dirangkaiankan dengan pemberian penghargaan kepada pegawai kesehatan teladan di puskesmas, kemudian  ada juga pemberian penghargaan yang diberikan kepada kepala desa yang telah berhasil menciptakan desanya bebas dari buang air sembarangan atau istilahnya Open Defecation Free (ODF) serta desa bersih, dan juga pemberian penghargaan kepada kader-kader kesehatan, dan dilanjutkan dengan  bakti sosial.Dimana dalam bakti sosial ini, ada sunatan massal yang dilaksanakan di 32 Puskesmas yang ada Kab.Halsel. "Diharapkan sebelum tangagal 30 November, 32 Puskesmas sudah selesai melaksanakan sunatan massal, saat ini dipuskesmas Babang dan Puskesmas Kayoa telah melaksanakan sunatan Massal lebih dulu ."kata Juri.

Untuk kegiatan  lainnya,  menurut dr. Juri yaitu kegiatan oprasi bibir sumbing dan oprasi celah langit-langit yang dilakukan secara gratis,  pada tanggal 24 sampai 25 November yang dilaksanakan di Rumah Sakit Labuha. Operasi bibir sumbing ini sudah beberapa kali dilaksanakan dengan mengundang lembaga Donor yang dinamakan Smile Trend,  mereka mengirimkan tenaga medis dokter Spesialis  bedah Plastik,  dan juga Spesialis anestesi  untuk melaksanakan operasi bibir sumbing dan celah langit-langit ini "Dinkes dan juga RSUD labuha sudah melakukan publikasi kepada seluruh Kepala Puskesmas  untuk menjaring pasien bibir sumbing, karena sampai saat ini baru terdaftar  7 orang,"imbuhnya.


Kadis Kesehatan juga menambahkan bahwa, Oprasi bibir sumbing ini berlaku bukan hanya masyarakat yang menetap di Halsel, tetapi diluar Halsel juga bisa mendaftar, dan tetap gratis. "Karena ini merupakan bakti sosial, jadi semua akan dilayani, dan akan gratis untuk semua pendaftar Oprasi bibir sumbing, perayaan HKN ini bisa dirasakan oleh semua masyarakat, bukan hanya  orang kesehatan saja,"tutup dr. Juri (snr)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini