Pelabuhan Dufa-Dufa Berganti Nama

Sebarkan:
Dermaga Dufa-dufa


TERNATE, Potretmalut.com – Pelabuhan Dufa-Dufa Kecamatan Kota Ternate Utara akhirnya berganti nama menjadi Pelabuhan Sultan Mudjafar Syah. Perubahan nama tersebut disampaikan oleh ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ternate Djohar Abdul kepada wartawan, Selasa (13/2/2018) usai pembahasan bersama Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Graha Ici gedung DPRD Kelurahan Kalumata Ternate Selatan. 

Menurutnya, perubahan nama pelabuhan tersebut sudah mendapat persetujuan Pemerintah Kota (Pemkot) maupun pihak kesultanan Ternate. Mengingat sebagimana diatur dalam perundang-undangan terkait dengan kewenangan pemkot salah satunya mengatur dan memberi atau melakukan perubahan nama pelabuhan.
“Perubahan nama pelabuhan Sultan Mudjafar Syah telah mendapat persetujuan dari pemkot Ternate bahkan dalam Undang-Undang juga telah mengatur itu, “ pungkasnya. 

Kata Dia, Komisi I Dekot baik pimpinan maupun anggota Komisi I juga telah sepakati terkait perubahan nama pelabuhan Dufa-Dufa menjadi Sultan Mudjafar Syah sebab ini dinilai sangat penting sebagai sebuah bentuk manifestasi untuk mengenang pilar perjuangan kesultanan Ternate.

Ketika disentil soal alasan perubahan nama pelabuhan Dufa-dufa menjadi pelabuhan Sultan Mudjafar Syah, dirinya mengatakan, perubahan nama ini merupakan sebuah refleksi untuk menunjukan yang mana tertuang dalam history atau sejarah kesultanan Ternate di kala itu. “Saatnya kita mengenang perjuangan kesultanan Ternate Mudjafar Syah dalam bentuk bukti nyata agar dikenal di Nusantara Indonesia, “ jelasnya.

Dirinya juga mengatakan, Pada hari ini Rabu (14/2/2018) pemerintah Kota Ternate akan melakukan peresmian sekaligus pemajagan nama pelabuhan Sultan Mudjafar Syah.

Lanjut dia, sultan Mudjafar Syah juga memegang beberapa jabatan penting pada saat itu, yakni sebagai mantan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) dan tokoh adat yang sangat mempengaruhi kebijakan provinsi Maluku Utara pada saat itu. (min/red).

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini