Tingkatkan Kapasitas dan Pendapatan Nelayanan, DKP Siapkan Pendampingan

Sebarkan:
Fatma Usmansyah

LABUHA - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) dibawa pimpinan Fatma Usmansyah, mulai melakukan terobosan-terobosan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat nelayan. Salah satunya terobosan melakukan pendampingan langsung terhadap kelompok nelayan yang mendapat bantuan langsung dari DKP Halsel, baik budidaya,  nelayan tangkap maupun lainnya. 

Menurut, Fatma bahwa kelompok nelayan yang telah diberikan bantuan oleh pemerintah, harus dibarengi dengan pendampingan. Karna,  salah satu alasan pendampingan adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan kapasitas dalam hal ini sumber daya manusia untuk dapat memahami managemen kelompok yang telah dibentuk sehingga mampu mengelola bantuan dari pemerintah agar mendapatkan hasil yang baik.

“ Kelompok yang kita berikan bantuan harus kita dampingi,” kata Fatma.

Bahkan,  DPK Halsel juga berencana ditahun 2019 nanti, DKP bakal mengurangi kegiatan fisik, karna selama ini tidak dapat diukur keberhasilan kelompok nelayan yang mendapatkan bantuan,  hal tersebut dirinya akan lebih banyak melakukan pemberdayaan kelompok nelayan yang sudah ada,  agar lebih fokus dalam mengelola dan meningkatkan pendapatan masyarakat.

“ Saya akan manfaatkan PTT untuk ditempatkandi desa-desa sasaran untuk pendampingan,” kata Fatma.

Hal tersebut dilakukan agar dapat mengukur peningkatan pendapatan serta kesejahteraan masyarakat. Selain itu juga,  pemerintah dapat mengukur hasil produksi nelayan di Kabupaten Halsel. (snr)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini