Unit SAR Bakal Dibentuk di Halsel

Sebarkan:
Bupati : Kami Siap Mendukung
Pertemuan: Bupati Halsel dan Kepala Basarnas kelas B Ternate menyepakati untuk membentuk Unit SAR di Kabupaten Halmahera Selatan
LABUHA - Keinginan kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) kelas B Ternate membentuk unit SAR pertolongan di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) membuah hasil. Ini menyusul Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halsel menyepati usulan tersebut.

Kedua petinggi ini pun langsung melakukan pertemuan membahas langkah-langkah, salah satunya melakukan konsultasi serta dukungan Pemkab Halsel. Hal itu disampaikan Kepala Basarnas Malut, M. Arafah,  SH. usai melakukan pertemuan dengan Bupati Halsel Hi. Bahrain Kasuba.

Kepala Basarnas Malut, M. Arafah usai pertemuan mengatakan, kedatangan dirinya yang didampingi Kasubsie SDM Basarnas Halidin Labidu,  dan Kabag Humas Basarnas Malut Iksan M. Nur itu berkonsultasi dengan Bupati Halsel, Bahrain Kasuba mengenai  dukungan Pemkab Halsel, salah satunya adalah lahan perkantoran untuk Unit Basarnas di Halsel.

" Unit SAR ini akan ditempati 7 personil tim SAR, pertemuan dengan pak Bupati itu untuk koordinasi dan dukungan atas keberadaan Unit SAR di Kabupaten Halsel," kata M. Arafah," ujarnya, Senin (3/9).

Lanjutnya, pembentukan unit SAR di Kabupaten Halsel ini merupakan unit yang kedua di Provinsi Malut setelah membentuk unit SAR di Kabupaten Halmahera Utara (Halut).

" Kalau di Halsel kita bentuk, maka Basarnas Malut memiliki dua unit SAR, yakni Kabupaten Halsel dan Halut," kata M. Arafah.

Menurutnya, secara geografis Halsel sudah layak dibentuk unit SAR. Sehingga potensi daripada frekuensi kecelakaan di hamparan laut yang bagitu  luas dan sangat signifikan ini bisa di antisipasi. "Jadi kita  harus dibentuk,” kata M. Arafah.

Disamping wilayah laut yang luas, memang Basarnas semestinya membentuk unit SAR di Kabupaten Halsel. Hal demikian dikarenakan Basarnas merupakan tim evakuasi, pencari serta penolong.

" Setelah kami meminta dukungan pembentukan unit, Pemda tampaknya mendukung keberadaan unit SAR di Halsel yang akan dibentuk nanti, " ucapnya.

M. Arafah mengatakan, jika Unit SAR sudah terbentuk, dirinya juga berharap Pemda Halsel dapat menghibahkan lahan tanah untuk dapat dibuatkan Kantor SAR. 

“Dengan adanya Unit SAR di Kabupaten Halsel, saya berharap pencarian dan pertongan itu lebih cepat dilaksanakan, lebih cepat dan tepat untuk menolong masyarakat," harap M. Arafah.

Sementara itu, Bupati Halsel, Bahrain Kasuba mendukung penuh dan siap menyediakan lahan yang nantinya digunakan untuk kepentingan unit SAR Halsel.

"Saya akan sampaikan ke Bidang Asset DPKAD Halsel, untuk menyiapkan lahan di wilayah Panamboang Kecamatan Bacan Selatan," kata Hi. Bahrain.

Menurut Bupati, kehadiran unit SAR di Halsel sangat penting. Karena wilayah Halsel memiliki laut yang lebih luas dan sering terjadi kecelakaan laut. Apalagi fokus penanganan bencana tim SAR lebihnya ke laut.

"Kehadiran SAR sangat penting untuk membantu pemerintahan daerah dalam penanganan efakuasi bencana laut," tutur Bahrain. (snr)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini