Dengar Kematian Ibu Melahirkan, Iswan Hasjim Langsung Ke Pasir Putih

Sebarkan:
Wakil Bupati Halsel, Iswan Hasjim dan Kepala Dinas Kesehatan Halsel, Ahmad Rajak, saat berada di Desa Pasir Putih Kecamatan Obi Utara

Labuha- Kasus kematian ibu melahirkan di Desa Pasir Putih Kecamatan Obi Utara pada bulan November 2019 lalu membuat Wakil Bupati Halmahera Selatan Iswan Hasjim prihatin. Setelah 10 tahun terakhir baru kali pertama Desa Pasir Putih mendapatkan lagi kasus  kematian ibu melahirkan. 

Hal ini dibenarkan oleh salah satu pegawai Puskesmas Pembantu Desa Pasir Putih. "Torang juga baru alami lagi kematian ibu melahirkan semenjak 10 tahun yang lalu, selama ini torang paling konsisten menjaga kematian Ibu dan bayi, tapi memang Allah berkehendak lain," ungkap salah satu pegawai Pembantu Puskesmas Pasir Putih.

Dia menjelaskan bahwa berbagai upaya telah dilakukan namun lagi - lagi nasib berkata lain. "Kami telah menyarankan kepada pihak keluarga untuk dibawah ke Rumah Sakit, namun pihak keluarganya tidak mau, katanya lakukan persalinannya disini saja, tidak perlu dibawah ke rumah sakit," ujarnya.

Mendengar penjelasan pegawai tersebut Iswan Hasjim menyarankan agar kedepannya dapat dilakukan penjelasan kepada pihak keluarga secara keilmuan medis. Bahwa dalam penanganan kasus persalinan kritis harus ditangani cepat dengan pertolongan dokter spesialis ataupun dengan peralatan medis yang memadai, agar kematian ibu melahirkan dapat diminimalisir. Setidaknya ada langkah tanggap yang dilakukan Polindes/Pembantu Puskesmas kepada pasien.

"Ini adalah kasus pertama setelah 10 tahun lalu, maka saya beraharap kepada staf Puskesmas, Pembantu Puskesmas, dan Polindes,  agar dapat lebih cepat mengambil langkah penangan pasien. Ini adalah pelajaran bagi kita semua agar tidak terulang lagi," harap Iswan.

Dalam kunjungannya pada Senin 2 Desember 2019, Iswan Hasjim juga mengajak Kepala Dinas Kesehatan Halsel Ahmad Radjak guna mendengar secara langsung dan menyelesaikan persoalan yang dialami desa tersebut

Pertemuan singkat tersebut, Iswan Hasjim menanyakan segala kekurangan yang dibutuhkan oleh Pembantu Puskesmas Pasir Putih saat ini. Iswan menanyakan segala kesediaan penunjang pelayanan kesehatan masyarakat, mulai dari obat-obatan, alat medis, sampai dengan fasilitas pendukung lainnya.

"Sampaikan saja kebutuhannya, Insha Allah akan direalisasikan demi peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat Desa Pasir Putih," tutup Iswan. (Rfq)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini