Percepatan Daftar Tunggu Pasien Covid19

Sebarkan:



Sekretaris Daerah Provinsi Malut, Samsuddin Abdul Kadir
TERNATE,  – Pemerintah Provinsi Maluku Utara (Malut) mendorong percepatan diagnosa bagi pasien Covid-19 yang menunggu hasil uji swab test untuk mengetahui status dan memperpendek masa tunggu dilokasi karentina.

Kepastian percepatan uji swab test disampaikan Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Malut, Samsuddin Abdul Kadir dalam dialog dinamika Maluku Utara di ruang studio pro1 RRI Ternate, selasa (16/6) pagi ini.

“Saat ini kami telah memiliki mesin Polymerase Chain Reaction (PCR) di RSUD Chasan Boesoeri Ternate dan dalam waktu dekat  mesin tersebut sudah dapat digunakan untuk diagnosa pemeriksaan bagi Pasien Dalam Pemantauan (PDP),” ungkap Samsuddin.

Menurutnya, kalau pemeriksaan swab test sebalumnya di Laboratorium RSUD Chasan Boesoeri Ternate menggunakan Tes Cepat Molekuler (TCM) yang running-nya hanya 20 spesimen per hari, namun dengan mesin PCR yang baru dimiliki ini bisa melakukan pemeriksaan 50 sampai 90 spesimen per-harinya. Sehingga jumlah kasus yang ditemukan semakin banyak dan bisa langsung dirawat atau diisolasi guna memutus mata rantai penularan Coivd-19.

Selain itu. Samsuddin Abdul Kadir juga menyampaikan bahwa, hasil swab test yang dikimkan ke Manado sebenarnya sudah dapat mengetahui hasilnya tapi penyampaian hasil tersebut hanya melalui pesan singkat dari pihak pemeriksa Sweb test disetiap Spesimen dan itu belum bisa menjadi rujukan untuk diumumkan ke pasien, karena akan disampaikan jika hasil swab test diberikan secara langsung ke Gugus Tugas untuk diumukan.

“Karentina lama karena sebelumnya kita harus menunggu hasil Swab test yang dikirim ke Manando, sementara disana mereka melakukan pemeriksaan juga,” katanya.

“Kadang-kadang ini menjadi masalah besar dan ada yang mengganggap kita sembunyikan hasil Swab test, sebenarnya tidak, karena kita tidak mungkin sampaikan hasil sementara yang dilaporkan melalui telepon dari pihak pemeriksa Swab test di laboratorium Manado, dan kita akan sampaikan secara resmi jika sudah diperoleh hasil dari laboratorium Manado,” pungkasnya.(red)




Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini