41 Personil Bintara dan Tamtama Dijemput dengan Trandisi Kodim 1509/Labuha

Sebarkan:
Dandim 1509/Labuha Letkol Inf. Untung Prayitno saat memimpin tradisi penjemputan personil Kodim 1509/Labuha (Istimewa).

HALSEL -Kodim 1509/Labuha mendapatkan tambahan 41 personil Bintara remaja dan personil Tamtama. 41 personil Bintara remaja dan Tamtam ini tiba di pelabuhan UUP kelas II Babang Kecamatan Bacan Timur pada Minggu 6/9/2020 sekitar pukul 05:30 WIT menggunakan kapal reguler. 

Dalam penjemputan ini dilaksanakan giat tradisi satuan yang dipimpin Ketua Kordinator pelaksana Pasipersdim 1509/Labuha, Kapten Czi Mustamin dan didukung personil Bintara Remaja  Dpp Letda Inf.Samuel beserta 30 personil Kodim 1509/Labuah.

Susunan kegiatan yang dilakukan yaitu pengecekan personil sebanyak 41 orang terdiri dari 37 personil Bintara remaja dan 4 orang Tamtama, pengecekan tensi personil Bintara remaja dan Tamtama. Diperoleh satu orang memiliki tensi dengan kategori tinggi yaitu Serda M Tauhid Mansur 150/90.

Selain itu dilaksanakan senam untuk pengukuran denyut nadi, gerakan vanderley dan gerakan senam pemanasan.

Pasi Pers Kodim 1509/Labuha Kapten Czi Mustamin dalam mengatakan, kegiatan tradisi ini dilakukan dengan gerakan lari jalan untuk itu, bagi yang memiliki catatan sakit menyesuaikan namun jangan terlalu dipaksakan.

"Dalam kegiatan ini dirinya saya berharap tetap menjaga faktor keamanan tetapi ikuti arahan dari panitia penyelenggara jangan ada gerakan tambahan diluar dari arahan tim penyelenggara," ungkap Kapten Czi Mustamin.

Kegiatan tradisi penjemputan dengan rute start pelabuhan UPP kelas II Babang menuju Kompi A RK 732/Banau (Cek Point I), dilanjutkan menuju lapangan sepak bola desa Marabose (Cek Point II), dilanjutkan lagi menuju Makodim 1509/Lbh dengan gerakan jalan sambil bernyanyi lagu lagu kejuangan sebagai penyemangat di dampingi oleh pendukung.

Bertempat di lapangan upacara Makodim 1509/Labuhah dilaksanakan kegiatan upacara pembukaan tradisi masuk satuan Kodim 1509/Labuha. Selaku Irup Dandim 1509/Labuha, Letkol Inf. Untung Prayitno menjelaskan, rangkaian kegiatan ini adalah salah satu tradisi yang lazim dilaksanakan dan mempunyai makna yang sangat penting bagi prajurit guna menumbuhkan rasa kebanggaan terhadap satuan dengan dilaksanakannya secara formal dalam bentuk acara sebagaimana yang dilaksanakan.

Sebagai Dandim 1509/Labuha, Letkol Inf. Untung Prayitno menginginkan kepada para prajurit baru agar tumbuhkan jiwa semangat juang yang tinggi cinta tanah air semangat untuk membela dan mempertahankan kedaulatan wilayah NKRI sesuai dengan tugas pokok TNI-AD.

"Sebagai prajurit yang dibanggakan dan dicintai rakyat sebagaimana yang tercantum dalam santiaji," ujar Letkol Inf. Untung.
Prosesi tradisi penjemputan personil Kodim 1509/Labuha

"Kami ucapkan selamat datang dan Selamat bergabung dengan keluarga besar Kodim 1509 labuha Saya berharap dengan datangnya kalian semua Semoga bisa mewarnai satuan kode 02 buah dengan berbagai macam prestasi demi satuan yang kita banggakan," sambungnya.

Dandim juga mengingatkan untuk tingkatkan terus semangat pada diri prajurit tingkatan ilmu dan keterampilan, junjung tinggi martabat dan kehormatan satuan serta selalu bersyukur atas yang diberikan oleh Tuhan yang maha kuasa.

Lanjut Dandim, para prajurit baru Kodim 1509/Labuha sudah bersumpah dan berjanji saat dilantik pertama kali sumpah prajurit Sapta Marga dan 8 Wajib TNI. Oleh karena itu tepati janji dan sumpah sebagaimana alam semesta ini bersumpah kepada Tuhan Yang Maha Esa matahari tidak pernah ingkar janji untuk selalu terbit di timur dan terbenam disebelah barat air tidak pernah ingkar janji untuk menumbuhkan tanaman di bumi ini, angin tidak pernah ingkar janji untuk memberikan udara dan kesejukan kepada semua makhluk hidup. Jadi tepatilah janji dan rasa peduli sebagaimana alam berjanji kepada sang pencipta.

"Rangkayan acara tradisi penerimaan personil baru merupakan tradisi yang lajim dilaksanakan," tutup Dandim 1509/Labuha Letkol Inf. Untung Prayitno.

(Buwas/PM).
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini