Setelah Dilantik, Menkes Tancap Gas Pimpin Rapat Kesiapan Vaksinasi COVID-19

Sebarkan:

Mentri BGS didampingi Wamenkse saat memimpin Rakorpim. Foto : Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat

Jakarta - Usai dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Kesehatan RI dan Wakil Menteri Kesehatan pada Rabu pagi (23/12) di Istana Negara, Budi Gunadi Sadikin dan Dante Saksono Harbuwono langsung berkeliling Kantor Kementerian Kesehatan dan dilanjutkan memimpin Rapat Koordinasi Pimpinan (Rakorpim) dengan pejabat eselon I dan II di lingkungan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).
Rapat berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat seperti memakai masker dan menjaga jarak aman.
Membuka rapat, BGS menuturkan sejalan dengan instruksi Presiden Joko Widodo, maka tugas pertama yang harus segera dilaksanakan adalah mempersiapkan program vaksinasi COVID-19 sebagai salah satu upaya memutus mata rantai penularan COVID-19.
“Target jangka pendek, untuk segera dilakukan vaksinasi COVID-19,” kata Budi yang dilansir dari Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan, Kamis 24/12/2020.
Kendati dilakukan dalam waktu dekat, BGS menekankan bahwa rencana vaksinasi harus dilakukan dengan mengedepankan prinsip kehati-hatiaan serta persiapan matang. Menurutnya, paling tidak ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian bersama diantaranya ketersediaan vaksin, kesiapan sarana prasarana, SDM yang bertugas, strategi distribusi, serta proses vaksinasi.
“Saya ingin memastikan semua alatnya siap,” imbuhnya.
Untuk menyamakan pemahaman, mengidentifikasi masalah seraya penguatan pelaksanaan vaksinasi, BGS mendorong agar pusat menjalin koordinasi dan kerja sama dengan stakeholder terkait termasuk yang berada di daerah. Karenanya, dalam waktu dekat, pihaknya bersama wamen siap untuk membahas lebih lanjut dengan Dinas Kesehatan baik provinsi maupun kabupaten/kota, asosiasi Puskesmas, asosiasi RS Swasta maupun klinik.
“Mungkin besok akan ada rapat dengan semua Asosiasi Puskesmas dan RS, saya ingin mengecek apakah pemahaman kita sama, dan sejauh mana kesiapan mereka melaksanakan vaksinasi COVID-19,” tuturnya. (Buwas/PM)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini