Buka Musyawarah ke 2 IKAPERIK, Ini Kata Sekprov

Sebarkan:

 

Sekprov Malut Samsuddin A Kadir Saat Memberikan Sambutan  

TERNATE - Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara Samsuddin A. Kadir resmi membuka kegiatan Musyawarah ke 2 Ikatan Alumni Perikanan dan Ilmu Kelautan (IKAPERIK) Unkhair Ternate yang dilaksanakan di Sahid Bela Hotel Ternate. (23/01/21)

Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara dalam sambutanya, memberikan apresiasi pelaksanaan kegiatan ini sebagai upaya memajukan industri Perikanan dan Kelautan di Maluku Utara.

Provinsi Maluku Utara sebagai salah satu Daerah Kepulauan memiliki kekayaan alam Perikanan dan Kelautan yang melimpah. Laut Maluku Utara mengandung sumber daya hayati yang kaya dan beragam. Ikan Maluku Utara terdiri dari berbagai macam jenis dan keunggulannya, belum lagi kandungan lain yang ada di dalamnya.

"Kekayaan Laut yang melimpah apabila tidak dimanfaatkan secara maksimal juga akan menjadi mubazir dan tidak mendatangkan manfaat bagi Kita semua." Ujarnya mantan kepala Bappeda Malut.

Sambung Samsuddin, Maluku Utara sebagai Provinsi Kepulauan yang memiliki Sumber Daya Alam, Laut yang melimpah, masuk dalam salah satu wilayah dari 3 wilayah Pengelolaan Perikanan Negara. Pembangunan Lumbung Ikan Nasional (LIN) akan dilaksanakan di Maluku Utara, dan menjadi agenda prioritas Pembangunan Nasional.

"Maluku Utara dipilih menjadi wilayah pengembangan LIN karena memiliki potensi perikanan yang mencapai 4 juta ton pada 3 Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia." Lanjut beliau

Pembangunan LIN pun perlu mengedepankan jaminan terhadap akses nelayan lokal. Jangan sampai pembangunannya justru hanya akan memberikan keuntungan kepada kepada investor asing yang berpotensi mengeksploitasi SDA.

"Nelayan lokal harus dijamin masih bisa mengakses sumber daya ikan meski banyak muncul penanaman modal asing di Maluku Utara".  Ujar beliau

Diakhir sambutannya Gubernur sangat berharap pelaksanaan kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif bagi Pembangunan Daerah, khususnya Bidang Perikanan dan Kelautan.

Walikota Ternate Dr. Burhan Abdurahman yang juga sebagai Ikatan Alumni Unkhair dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan ini karena di tengah-tengah pandemik Covid 19 saat ini dengan segala keterbatasan masih sempat melaksanakan Musyawarah atau penyegaran dalam IKAPERIK.

"Melalui musyawarah ini kita bangun silaturahmi diantara sesama alumni yang mana sudah tersebar diberbagai tugas atau diberbagai tempat". Ucap ketua Alumni yang sekaligus walikota Ternate

Lanjutnya, dengan musyawarah ini tentunya akan melahirkan program-program kerja untuk kepentingan dunia perikanan di Provinsi Maluku Utara. Karena potensi perikanan di Maluku Utara ini sangat besar dan kita perlu memaklumi bahwa potensi yang besar ini belum dikelolah secara maksimal.

"Ini menjadi tantangan kita semua untuk bisa membaca potensi yang ada ini. Bagaimana pemikiran-pemikiran, inovasi, pengalaman yang sudah diperoleh setelah melewati bangku Kuliah, ini bisa disumbangkan supaya kedepan dunia perikanan ini semakin lebih baik". Harapnya.

Sementara itu, Rektor Unkair yang diwakili Wakil Rektor I Dr. Suratman Sujud mengatakan bahwa Provinsi Maluku Utara adalah salah satu provinsi kepulauan yang memiliki prospek perikanan yang sangat potensial.

Dimasa Pandemik ini banyak sektor yang mengalami penurunan akan tetapi sektor pertanian yang juga termasuk sektor perikanan NTPnya mengalami kenaikan. Artinya dengan keadaan pandemikpun sektor pertanian dan perikanan menjadi sektor yang sangat kuat. Tetapi yang menjadi problem yang sangat mengganggu aktivitas ekonomi adalah pada aspek pasar.

"Untuk itu, dengan tema Perikanan Maluku Utara dan tantangan industri 4.0 Ini sektor perikanan dapat melakukan inisiasi agar produksi-produksi yang bisa dihasilkan para nelayan atau pada sektor-sektor usaha UMKM dibidang perikanan itu kemudian bisa berjalan dengan baik". Tandas warek I.

Perlu diketahui bahwa pada kegiatan tersebut juga dilakukan dialog dengan tema Perikanan Maluku Utara dan Tantangan Industri 4.0. Dengan Narasumber yang terdiri dari Plt Dirjen Perikanan Tangkap Dr. Ir. Muhammad Zaini, MM, via Virtual sementara Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara Drs. Samsuddin A. Kadir, Plt. Kadis Perikanan Provinsi Maluku Utara Abdullah Assagaf, S.Pi, serta Akademisi Unkhair Prof. Dr.M. Irfan Koda, S.Pi., M.Si dilakukan secara langsung.

Tampak Hadir, Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara Drs. Samsuddin A. Kadir, Plt Dirjen Perikanan Tangkap Dr. Ir. Muhammad Zaini, MM, Walikota Ternate Dr. H. Burhan Abdurahman, M.Si, Plt. Kadis Perikanan dan Kelautan Provinsi Maluku Utara Abdullah Assagaf, S.Pi, Wakil Rektor I Dr. Suratman Sujud, Kepala Biro Protokol, Kerjasama dan Komunikasi Publik Rahwan K. Suamba, SS, Dekan Fakultan Perikanan dan Ilm

u Kelautan Unkhair Dr. Janib Ahmad, Kadis Perikanan dan Kelautan Tidore Kepulauan Hamid Abd. Latif, Kadis Perikanan Halmahera Tengah Mufti serta seluruh Alumni Perikanan dan Ilmu Kelautan Unkhair Ternate (red/adv)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini