BPBD Mencatat 447 Rumah Warga Rusak Akibat Gempa M5,2

Sebarkan:
Salah satu rumah warga yang rusak akibat gempa 5, 2 magnitudo yang terjadi pada Jum'at 26/2. (Buwas/PM)

HALSEL - Bandan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) mencatat sebanyak 447 rumah warga yang mengalami kerusakan akibat gempa berkekuatan 5,2 Magnitudo yang terjadi pada Jumat 26/2 kemarin.
BPBD mencatat kerusakan ini terjadi di 7 Kecamatan. Di Kecamatan Bacan terdapat  244 rumah warga rusak, 4 rumah ibadah, 2 fasilitas pendidikan, 1 fasilitas kesehatan dan 3 fasilitas umum lainnya, Kecamatan Bacan Selatan, 127 rumah warga, 1 rumah ibadah, 1 fasilitas kesehatan dan 4 fasilitas umum lainnya, Kecamatan Bacan Timur, 47 rumah warga dan 1 fasilitas umum lainnya, Kecamatan Bacan Barat Utara rumah warga, Kecamatan Bacan Timur Selatan 9 rumah warga, Kecamatan Bacan Timur Tengah 9 rumah warga.

Sementara di Kecamatan Bacan Barat tidak ada kerusakan rumah warga, tempat ibadah maupun fasilitas kesehatan, pendidikan dan fasilitas umum lainnya.

"Total kerusakan rumah warga 447 unit, 5 rumah ibadah, 2 fasilitas pendidikan, kesehatan juga 2 dan fasilitas umum lainnya ada 8, kata Sekertaris BPBD, M. Ichwan Iskandar Alam kepada KabarMalut, Minggu 28/2/2021.

Ichwan menambahkan, selain kerusakan rumah warga dan lainnya, gempa tersebut juga mengakibatkan 10 orang mengalami luka ringan. Kerusakan rumah warga dan fasilitas lainnya ini kata Ichwan akan disortir kembali untuk mencari tahu spesifikasi kerusakan. "Karena ada yang rusak ringan ada yang berat. Jadi, nanti kita cek kembali dilapang, " tutur pria yang akrab disapa Memet ini.

Warga yang menggungsi kata Memet, memasuki hari ke tiga pasca gempa semua sudah kembali ke rumah masing-masing. Pihaknya juga telah menyalurkan bantuan bahan makanan bagi warga yang mengalami kerusakan rumah. "Hari ini kami terima bantuan dari Provinsi dan Pemerintah Kabupaten. Besok kita salurkan semua," tutup Memet. (Buwas/PM

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini