Maluku Utara Menempati Urutan Pertama Dengan Tingkat Pertumbuhan Ekonomi Positif

Sebarkan:
Sekertaris Daerah Provinsi Maluku Utara : Samsudin A Kadir saat memberikan sambutan pada rapat paripurna penyampaian pidato visi misi Bupati Halmahera Barat

JAILOLO, BRN - Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara, Samsuddin A. Kadir, pada Selasa, (2/3/2021) menghadiri undangan paripurna pidato sambutan bupati terpilih kabupaten Halmahera Barat Masa bakti 2021-2026 sekaligus.

Tak hanya itu, Sekda juga diundang untuk mengikuti peringatan Hari Ulang Tahun (HUT)  Kabupaten Halmahera Barat yang ke-18 bertempat di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Halbar. 

Sekretaris Provinsi Malut Samsuddin A. Kadir, saat memberikan sambutan menyampaikan, penyampaian pidato visi-misi Bupati Halmahera Barat yang adil, aman dan sejahtera merupakan suatu pekerjaan yang sangat besar yang akan dihadapi dalam periode masa jabatan ini. 

Menurutnya, memperingati HUT Halmahera Barat, pemerintah Provinsi Maluku Utara sangat mengharapkan sinergitas antara Pemerintah Provinsi Maluku Utara dan kabupaten/kota yang ada di Malut termasuk kabupaten Halbar. 

Saat ini Lanjut Samsudin, kita masih diperhadapkan dengan Covid-19 sehingga mengalami berbagai keterpurukan. Namun  satu hal yang menjadi berita gembira bagi Provinsi Maluku Utara adalah sektor pertumbuhan ekonomi. 

" Berdasarkan rilis yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) bahwa, pertumbuhan ekonomi di Indonesia hampir semuanya negatif sementara untuk Maluku Utara berada di posisi yang baik. 

Di Indonesia, kata Samsudin,  yang mengalami pertumbuhan ekonomi positif hanya tiga Provinsi yakni Kalimantan Utara dengan posisi ketiga dengan pertumbuhan positif 1,4% , Sulawesi Tengah pada posisi kedua dengan pertumbuhan positif 2,8% dan Maluku Utara menempati peringkat ke satu dengan pertumbuhan positif 6,07%." Ujarnya.

" Pertumbuhan ekonomi kita di Malut lantaran dipacu oleh sektor pertambangan. Olehnya itu, Pemerintah Provinsi Malut dengan melihat visi-misi kabupaten/kota yang ingin mengerahkan tingkat kesejahteraan di Malut, maka kita perlu berkolaborasi pada sektor-sektor yang telah dijalani oleh masyarakat secara prinsipil.

Tiga sektor yang menjadikan Maluku Utara sebagai pertumbuhan ekonomi yang positif menurut Sekda adalah sektor Pariwisata, sektor perikanan dan sektor pertanian.

" Ketiga sektor tersebut sangat berhubungan dengan sektor pertambangan. Contohnya dengan adanya sektor perikanan karyawan-karyawan di tambang akan mendapat pasokan perikanan dari nelayan-nelayan kita, begitu juga suplai kebutuhan pada sektor pertanian dan sektor parwisata yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan pertumbuhan di daerah ini, " Tandasnya (red)


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini