STQ ke-26 Resmi Dibuka Oleh Bupati Halsel

Sebarkan:
Bupati Bahrain Kasuba didampingi Forkompinda saat detik-detik pembukaan STQ ke-26 di Desa Wayaua. (Humas Pemkab Halsel)
HALSEL - Bertepatan dengan Peringatan Isra Mi'raj 1442 Hijriah Tahun 2021, Pembukaan Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) ke XXVI di Desa Wayaua Kecamatan Bacan Timur Selatan, Halmahera Selatan berlangsung meriah dan penuh hikmah.

Pembukaan STQ pada Jumat, (11/03) di buka langsung oleh Bupati Halsel Bahrain Kasuba dan di hadiri Wakil Bupati Iswan Hasjim, Sekertaris Daerah Helmi Surya Botutihe, Unsur Forkopimda Halsel, Pimpinan SKPD, Kepala Kantor Kementrian Agama, Camat dan para Kafila yang mewakili 30 Kecamatan di Halsel serta di saksikan Masyarakat Desa Wayaua.

Acara di awali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Pembacaan Kalam Illahi
Pada kesempatan ini, Bupati Halsel Bahrain Kasuba dalam sambutannya menyampaikan pentingnya bermuhasabah diri dan selalu mengutamakan dan mengamalkan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari.

"Pada pembukaan STQ ke XXVI yang bertepatan dengan Peringatan Isra dan Mi'raj 1442 Hijriah ini mari kita semua Masyarakat Halsel untuk dapat selalu mengingat Allah SWT dalam setiap langkah kita mengingat kejadian Gempa 5,2 SR yang kita alami kemarin merupakan teguran sehingga kita harus lebih instropeksi diri kita" ungkap Bupati Bahrain.

Bupati Bahrain Kasuba didampingi Sekda Helmi Surya Botutihe saat memukul beduk tanda pembukaan STQ ke-26. (Humas Pemkab Halsel)
Bupati berharap peserta yang mengikuti STQ untuk bisa fokus dan tetap semangat dalam mengikuti setiap mata lomba walaupun dalam keadaan Negara yang sedang dilanda Virus Covid 19.

"Saya berharap peserta tetap semangat dan tidak lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap aktifitas yang dijalankan," ucapnya

Sementara itu, Helmi Surya Botutihe yang juga Ketua Pengembangan Al-Quran menyampaikan bahwa STQ ke XXVI ini merupakan manifestasi dalam rangka mensiarkan Islam melalui Al-Quran dan Hadist kepada Masyarakat Halsel sehingga muncul kesadaran dalam diri untuk selalu mengingat Allah SWT.

"Melalui acara pembukaan STQ ini juga saya ingin melaporkan bahwa STQ ke XXVI yang diselenggarakan di Desa Wayaua Kecamatan Bacan Timur Selatan ini menghadirkan peserta dari 30 kecamatan di Halsel yang berjumlah 186 peserta yang didampingi 300 orang offisial", jelasnya

Sekda Halmi Surya Botutihe saat mengenakan tanda pengenal kepada dewan juri. (Humas Pemkab Halsel)
Lanjut Helmi, adapun Mata Lomba STQ ke XXVI terdiri dari Lomba Tilawah Anak yang di ikuti putra 25 orang dan putri 24 orang, Tilawah Desa (Dewasa) Putra 26 orang Putri 18 orang, dan Tahfidz  golongan 1 juz jumlah peserta putra 20 orang, putri 24 orang, Tahfidz 5 juz putra 17 orang, putri 15 orang, Tahfidz 10 juz putra 8 orang, putri 4 orang, Tahfidz 20 juz putra 2 orang dan putri 2 orang serta Tahfidz 30 jus yang hanya diikuti oleh 1 orang putra.

Helmi berharap peserta yang terpilih sebagai pemenang dalam STQ ke XXVI ini dapat mengikuti STQ di tingkat Provinsi Maluku Utara dan mendapatkan hasil yang terbaik.

Kepala Kantor Kementrian Agama La Sengka La Dadu juga berharap STQ yang merupakan agenda tahunan ini tidak hanya menjadi agenda tahunan semata tetapi dapat menjadi momentum untuk dapat mengasah generasi pecinta Al-Quran.

Kegiatan STQ juga dirangkaikan dengan peringatan Isra Mi'raj berupa penyampaian Hikmah Isra Wal Mi'raj oleh KH. Saleh Sakolah

Adapun Pembukaan STQ ke XXVI ditandai dengam pemukulan Tifa dan Penekanan tombol Sirine oleh Bupati Halsel bersama Forkopimda Halsel. (Adv/Buwas/PM)


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini