Usman Target Halsel jadi Lumbung Ikan Nasional

Sebarkan:
Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba dan lima kepala daerah. (dok. Humas Pemkab Halsel)
HALSEL - Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Provinsi Maluku Utara (Malut)  menjadi tuan rumah pada kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Terbatas Sektor Perikanan Budidaya Bersama Kepala Daerah Se Provinsi Maluku Utara, yang diselenggarakan oleh Pusat kajian Akuakultur, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Khairun Ternate.

Kegiatan yang bertemakan, Perikanan Budidaya Sebagai Solusi Rakyat, yang berlangsung Pada Selasa 25 Agustus 2021, di Aula Kantor Bupati Halsel tersebut dibuka langsung oleh Gubernur Maluku Utara, (Malut) KH. Abdul Gani Kasuba. Serta dihadiri oleh Bupati Halsel, Usman Sidik, dan para Walikota, Wakil Walikota dan Bupati se Provinsi Malut, Ketua Komisi II DPRD Malut, Rektor Universitas Khairun Ternate, Rektor Pasifik Morotai dan Mewakili Rektor Universitas Maluku Utara. serta para Kepala Satuan Perangkat Daerah (SKPD) Halsel. 

Sebelum membuka Rakor tersebut,  Gubernur Malut KH. Abdul Gani Kasuba  dalam sambutanya mengatakan bahwa dalam lima tahun terakhir ini Pemerintah Daerah memberikan dorongan penuh bagi pengembangan sektor perikanan di Provinsi Maluku Utara. Karena menurutnya Sektor ini merupakan sektor unggulan yang dapat diandalkan sebagai salah satu pilar pembangunan daerah jangka panjang. 

"Perikanan budidaya memiliki beberapa komoditi unggulan untuk terus kita kembangkan, karena selain mampu menggerakkan sektor ekonomi, sektor ini juga dapat memberikan kontribusi yang besar dalam pembangunan ekonomi daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,"ungkap Gubernur

Gubernur juga berharap dengan melalui rapat ini nantinya dapat dicurahkan ide-ide pikiran konstruktif dalam mendapatkan arah dan kebijakan pembangunan perikanan budidaya Maluku Utara kedepan.
"Rapat ini sangat penting sebagai langkah terobosan yang di prakasai oleh Perguruan Tinggi melalui pusat kajian Aguacultur Fakultas Perikanan dengan tujuan utamanya melakukan revitalisasi dan pengembangan perikanan budidaya di wilayah, untuk itu agar bisa  berdiskusi dengan lebih baik,"pintanya

Diakhir sambutannya Gubernur juga mengucapkan terima kasih kepada bupati Halsel yang, yang telah siap menjadi tuan rumah pada acara Rakor tersebut.
Pada kesempatan sebelumnya Bupati Halsel, Usman Sidik, mengatakan bawah Rapat Koordinasi Terbatas Sektor Perikanan Budidaya dengan tema, Perikanan Budidaya sebagai solusi Rakyat, yang akan melahirkan pergeseran paradigma berpikir dan bertindak dari orientasi sektor perikanan tangkap menuju sektor perikanan Budidaya. 

"Rapat Koordinasi yang akan digelar pada hari ini merupakan rapat Koordinasi yang pertama kali dalam sejarah provinsi Maluku Utara. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Maluku Utara dan Pusat Akuakultur, Fakultas Perikanan dan ilmu Kelautan Universitas Khairun Ternate, yang menginisiasi acara tersebut dan telah memilih Kabupaten Halsel sebagai tuan rumah,"kata Bupati.

Bupati juga menambahkan bahwa saat ini Pemerintah Kabupaten Halsel sedang menyiapkan lahan untuk kawasan Industri Perikanan seluas 200 Hektar, yang bertempat di desa Panamboang Kecamatan Bacan Selatan.Untuk itu dirinya berharap kepada Gubernur Maluku Utara agar dapat mengusulkannya ke pemerintah Pusat untuk dapat ditetapkan sebagai kawasan sentara kelautan dan perikanan terpadu. 

"200 Hektar Lahan telah disiapkan Pemda untuk dijadikan Kawasan industri Perikanan, kami berharap Pak Gubernur dapat membuat desain dan mengusulkan kepada Pemerintah Pusat, guna mendukung program Pemerintah Pusat untuk menjadikan Kabupaten Halsel sebagai Lumbung Ikan Nasional,"tutup Bupati. 

Penulis : Dewi Sartika
Editor : Buwas/PM
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini