Peringati Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW, HARITA Nickel Hadirkan Ustadz Das'ad Latif

Sebarkan:
Ustadz Das'ad Latif saat memimpin doa bersama.
HALSEL - HARITA Nickel menggelar tablig akbar dalam rangka memperingati Isra Mi'raj di Obi, Halmahera Selatan (Halsel). Para jemaah dari berbagai desa di Pulau Obi dan sekitarnya hadir mengikuti acara yang berlangsung di Desa Buton, Obi pada Rabu kemarin (23/2). Adapun penceramah yang mengisi tablig akbar yaitu Ust. Dr. H. Das’ad Latif, seorang ulama sekaligus dosen asal Makassar, Sulawesi Selatan.

Isra Mikraj merupakan hari bersejarah bagi umat Islam. Pada hari itulah Nabi Muhammad SAW menempuh serangkaian perjalanan dan menerima perintah dari Allah SWT untuk melaksanakan sholat 5 waktu. Peristiwa yang berlangsung pada 27 Rajab itu pun senantiasa diperingati oleh umat Islam di berbagai daerah, termasuk di Pulau Obi. Umat Islam setempat memperingatinya melalui selawat kepada nabi dan ceramah keagamaan, untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan.

Kegiatan yang berlangsung di lapangan terbuka ini dihadiri oleh Wakil Bupati Halsel Bassam Kasuba dan Ketua DPRD Halsel Muhlis Djafar yang disertai para anggota DPRD Dapil Obi. Selain itu, terdapat pula tamu undangan yang mewakili Polres Halsel, Kodim 1509/Labuha, Kejari Halsel, Pengadilan Agama Labuha, serta Majelis Ulama Indonesia (MUI) Halsel. Terpantau sekitar 2.000 orang menghadiri peringatan Isra Mikraj ini.

Dalam sambutannya, Bassam Kasuba memuji semangat yang ditunjukkan oleh masyarakat Pulau Obi dalam memperingati Isra Mikraj. Menurutnya, kegiatan keagamaan ini dapat membuat masyarakat menjadi pribadi yang semakin baik.

"Kegiatan ini adalah bagian dari siar Islam. Semoga tablig akbar dapat meningkatkan kesadaran spiritual masyarakat, terutama generasi muda agar mereka memiliki bekal keagamaan yang cukup," ujar Bassam.

Ia juga mengucapkan apresiasinya terhadap HARITA Nickel dan masyarakat Pulau Obi yang senantiasa menjaga hubungan baik, sehingga acara seperti ini dapat terselenggara dengan meriah.

"Kami atas nama Pemda Kabupaten Halsel merasa bersyukur dan berbahagia dengan adanya sinergi yang baik ini. Kami ucapkan terima kasih kepada HARITA Nickel, sehingga kita bisa menyelenggarakan kegiatan yang insyaallah berkah," ungkap Wabup.

Deputy Head of Community Affair and Land Management HARITA Nickel, Latif Agung Supriadi, mengatakan bahwa, kegiatan ini merupakan kesempatan yang sangat berharga. Meskipun terdapat berbagai rintangan seperti pandemi dan kondisi cuaca yang tak menentu, berkat doa dan dukungan bersama, kegiatan ini dapat terselenggara sesuai harapan.

"Acara ini tak lepas dari dukungan masyarakat serta komitmen HARITA Nickel dalam bidang keagamaan. Merekalah yang pertama kali mengusulkan dan secara bersama-sama menyukseskan peringatan Isa Mikraj ini. Alhamdulillah Ust. Das'ad juga dapat hadir di sela-sela kesibukan beliau,"ucapnya.

Dukungan terhadap penyelenggaraan tablig akbar ini menurut Latif, merupakan bagian dari Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) HARITA Nickel. Dalam kesempatan ini, HARITA Nickel juga menyerahkan dukungan dana kepada tiga masjid di Kecamatan Obi yaitu Masjid Al-Jami Desa Buton, Masjid Muttaqin Desa Jikotamo, dan Masjid Nurul Hidayah Desa Laiwui, dengan jumlah total sebesar Rp450.000.000.

Penyelenggaraan acara ini menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. Jemaah yang datang diharuskan telah memiliki sertifikat vaksin, memakai masker, mengecek suhu tubuh, mencuci tangan, serta menjaga jarak. Pihak penyelenggara pun menyediakan pos kesehatan bagi masyarakat yang hendak melakukan vaksinasi. Hal ini merupakan salah satu bentuk sinergi antara Pemda Halsel dan HARITA Nickel dalam menanggulangi pandemi.(red)


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini