BKAD Malut Gelar Pelatihan dan Uji Kompetensi Bendahara

Sebarkan:
Pelatihan uji kompetensi bendahara

SOFIFI - Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Maluku Utara (Malut) menggelar pelatihan dan uji kompetensi bendahara di lingkungan Pemprov Malut, yang dipusatkan di Ball Room Emarld Hotel Ternate, Rabu (3/08/2022) .

Kepala BPKAD Malut, Ahmad Purbaya dalam sambutannya mengatakan, sejak terjadinya reformasi di bidang pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan negara/daerah, dengan diberlakukannya Undang-Undang nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara, Undang-Undang nomor 1 Tahun 2004, tentang Perbendaharaan Negara. Yang ditindaklanjuti dengan terbitnya Peraturan Pemerintah nomor 58 tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah nomor 12 tahun 2021 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, dan Peraturan Pemerintah nomor 71 tahun 2010, tentang Sistem Akuntasi Pemerintahan. Telah terjadi perubahan paradigmatik di bidang pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan negara/daerah, antara lain mencakup masalah penatausahaan keuangan yang harus dilaksanakan secara relevan, handal dan akuntabel.

“Hal ini dimaksudkan agar keuangan daerah yang dibebankan berdasarkan APBD merupakan salah satu unsur penting dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan masyarakat yang harus dikelola dengan baik dan benar,”ungkapnya.

Mantan Kepala Inspektorat Malut ini menyatakan, berbagai perubahan regulasi yang telah terjadi itu, perlu peningkatan transparansi dan akuntabilitas di bidang pengelolaan dan pertanggungjawabannya. Yaitu setiap pejabat pengelola keuangan masing-masing SKPD diharapkan dapat menciptakan pengendalian manajemen yang semakin efektif dan efisien, guna menjamin pencapaian tujuan organisasi, keamanan sumber dana yang dikelola, ketaatan pada ketentuan perundang-undangan yang berlaku dan dipeliharanya data/informasi keuangan yang andal.

“Selain itu, diperlukan pula kesamaan persepsi, langkah, tindakan secara integral dan menyeluruh dari unsur-unsur yang terkait dalam pengelolaan keuangan daerah,”tukasnya.

Purbaya mengungkapkan, pelatihan dan uji kompetensi bendahara ini dilaksanakan dengan harapan, dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan daerah ke depan, makin terwujudnya pemerintahan yang bersih dan tata kelola yang baik (clean goverment and good governance). Pemerintahan yang bersih dan tata kelola yang baik merupakan kunci kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah, yaitu dengan mewujudkan prinsip transparansi dan akuntabilitas dalam menghasilkan pertanggungjawaban keuangan yang disusun secara akurat.

“SKPD sebagai salah satu entitas pelaporan keuangan daerah yang merupakan bagian dari entitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD), sangat mempengaruhi pemberian opini BPK RI terhadap kecukupan pengungkapan. Sehingga dengan ketaatan kita terhadap pengelolaan keuangan sesuai ketentuan, diharapkan mampu meningkatkan nilai audit hasil pemeriksaan kearah yang lebih baik,”pungkasnya. (Adv/red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini