Bantuan Sosial PKH dan BPNT Mulai Disalurkan

Sebarkan:

 

Penyaluran Bantuan PKH di Kecamatan Pulau Moto (doc. Ria)

TERNATE, PotretMalut - Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) mulai disalurkan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) pada Kamis 9 Maret 2023. Sebanyak 2025 penerima PKH untuk wilayah Kota Ternate

Kepala Dinas Sosial Kota Ternate, Burhanuddin Abdul Kadir Ketika ditemui diruang kerjanya mengatakan, pihaknya sudah mengarahkan Pendamping PKH Kota Ternate untuk segera mengawal penyaluran bantuan yang disalurkan melalui BRI dan PT. Pos.

"Ini dilakukan untuk memastikan kalau bantuan tersebut benar-benar diterima oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang namanya masuk dalam data bayar yang diterbitkan oleh Kementerian Sosial RI, ujarnya.

Sementara Koodinator PKH Kota Ternate Nakir Safi mengungkapkan, untuk data bayar dari Kementerian Sosial sudah diterima. Dari data tersebut sebanyak 2025 penerima KPM.

"Tidak menutup kemungkinan akan ada tambahan penerima lagi dari pusat, " ucap Nakir.

Menurutnya, selain mendapatkan bantuan PKH yang langsung disalurkan BRI ke saldo masing-masing penerima KPM, mereka pun akan menerima Bansos lainnya berupa Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang mulai disalurkan oleh PT. Pos.

"BPNT yang awalnya diterima berupa sembako melalui agen – agen warung yang bekerja sama dengan BRI, kini dialihkan menjadi uang, " jelasnya.

Penyaluran BPNT lanjut Nakir, akan disalurkan bersamaan dengan penyaluran PKH. Para pendamping PKH pun diberikan tugas untuk mengawal BPNT baik untuk KPM yang masuk sebagai penerima PKH maupun Non – PKH. 

Untuk pengambilan bantuan PKH kata Nakir, harus melalui ATM, maka BRI pun menyediakan penyaluran melalui Agen BRI-Link khusus untuk Kecamatan yang tidak tersedia mesin ATM seperti Kecamatan Pulau Moti, Pulau Batang Dua dan Pulau Hiri. Begitupun dengan bantuan BPNT dimana PT. Pos juga akan turun ke tiga kecamatan tersebut

"PKH diharapkan mampu menjadi salah satu program Bantuan Sosial yang mampu mengurangi kesenjangan ekonomi masyarakat bawah serta memberikan edukasi pengembangan sumber daya manusia melalui pendamping PKH, " (ria)


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini