Pemkot Berupaya Maksimal Pelayanan Air Bersih di Hiri

Sebarkan:
Muhammad Syafei Bayy 


TERNATE, PotretMalut - Pemerintah Kota Ternate melalui Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Ake Gaale terus berupaya memaksimalkan pelayanan air bersih di Pulau Hiri.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Perumda Ake Gaale Muhammad Syafei Bayy kepada MBG di ruang kerjanya Rabu, (14/04/2023) mengatakan, Sejauh ini, Perumda Ake Gaale terus mendistribusikan air kepada masyarakat walaupun hanya sebatas mandi dan mencuci.

"yang bisa dilakukan pihaknya saat ini adalah pelayanan air sebatas mandi dan cuci, belum sampai ke tahap konsumsi, " ujarnya.

Menurutnya, sebelumnya pernah ada upaya dari pemerintah dan pihak lain untuk memberikan pelayanan dengan sistem reverse osmosis (RO) namun saat ini sudah tidak berjalan.

Untuk memenuhi kebutuhan air kata Syafey bakal diupayakan untuk dapat dikonsumsi oleh masyarakat, kedepannya akan dibangun embung sebagai wadah penampung air.

"Kedepannya, Balai Wilayah Sungai (BWS) memiliki program untuk pembangunan embung demi pelayanan air di Hiri, " jelasnya.

Syafei menambahkan, ada beberapa titik di Hiri yang ditemukan mengandung air tanah, tapi setelah diteliti kualitas airnya tidak bisa digunakan untuk konsumsi (Payau).

Terpisah, Direktur Teknik Perumda Ake Gaale Maslan Deis saat dikonfirmasi via telpon mengatakan, untuk air minum secara keseluruhan masyarakat pulau Hiri masih menggunakan air hujan.

"Ake Gaale saat ini melayani kebutuhan air sebatas cuci dan mandi di empat kelurahan yakni Kelurahan Faudu, Tafraka, Dorariisa dan Tomajiko. Sementara dua kelurahan yaitu Togolobe dan Mado dan belum bisa didistribusikan, " tandasnya. (mail/red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini