Idul Adha 1444 H, Civitas Akademika Unkhair Qurban Sapi dan Kambing

Sebarkan:

 

Panitia Sholat Idul Adha dan Pemotongan Hewan Qurban Universitas Khairun Ternate 

TERNATE, PotretMalut - Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriyah tahun 2023 M, Rektor dan civitas akademika Universitas Khairun (Unkhair) Ternate, menyembelih 16 hewan qurban, terdiri dari 15 ekor sapi dan seekor kambing, di 7 titik. 

Penyembelihan hewan qurban dilakukan setelah melaksanaan Shalat Idul Adha di Masjid Muhammad Sahil Djahir di lingkungan Kampus 2 Unkhair, Kelurahan Gambesi Kota Ternate Selatan, Kamis 29 Juni 2023.  

Berdasarkan data Panitia Pelaksana (Panpel) Pemotongan Hewan Qurban, 16 hewan qurban diterima dari Rektor dan civitas akademik, yakni unsur pimpinan (Wakil Rektor), Rektorat: Biro Umum, Kepegawaian dan Keuangan (BUKK), Biro Akademik dan Perencanaan (BAPK) sebanyak 2 ekor sapi. Faklutas Pertanian, Fakultas Perikanan, Fakultas Hukum, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) masing-masing 1 ekor sapi, Fakultas Teknik 1 ekor sapi dan 1 ekor kambing, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 3 ekor sapi, Fakultas Ilmu Budaya 3 ekor sapi, dan Pascasarjana 2 ekor sapi. 

Prosesi penyembelihan hewan qurban di 7 titik yang telah ditentukan Panpel. Pemusatan pemotongan hewan sendiri dilakukan di Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, FKIP, Fakultas Ilmu Kedokteran (FIK), dan Program Pascasarjana, di Keluarahan Gambesi, Kampus 1 Akehuda, Kampus 3 Kelurahan Jati, dan Kampus IV di Bangko, Jailolo Selatan, Kabupaten Halmahera Barat.  

Ketua Panpel Pemotongan Hewan Qurban Dr. Syariffudin Fatmona, S.Pt., M.Si mengatakan, hewan qurban langsung ditangani panitia, dan khusus Fakultas Pertanian sebanyak 5 ekor sapi. Sisanya penyembelihan hewan qurban di beberapa Fakultas sebagaimana telah ditentukan, termasuk di Masjid Nurul Huda, Kelurahan Gambesi 

"Prinsipnya Panpel bekerja selama satu bulan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Rektor Unkhair, dan akan melaksanakan tugas mulai dari pemotongan hingga penyaluran hewan qurban,"katanya. 

Penyaluran kupon daging qurban dibagi menggunakan tiga kategori, berhak menerima, pertama akan diberi ke yang berkurban. Kedua, tetangga, dan selanjutnya masyarakat. "Tiga kategori berdasarkan hukum Islam, sedangkan distribusinya masing-masing Fakultas yang mengadakan pemotongan",ujarnya.

Dia melanjutkan, sedikitnya 5 ekor sapi yang dikelola sendiri, berdasarkan kupon disebar Panpel sebanyak 135 kantong. Sedangkan setiap kupon, satu kantong 2,5 Kg daging dan tulang rusuk bagi yang berkurban, kupon lain diberi 1,5 Kg daging dicampur tulang. Berbeda dengan pembagian daging di beberapa Fakultas yang juga melakukan pemotongan hewan qurban, standar rata-rata 6 ekor sapi, jumlah 200 Kg kantong daging. 

"Pembagian daging disesuaikan dengan jumlah hewan qurban, tentunya disalurkan kepada orang-orang yang berhak menerima, termasuk masyarakat di lingkar Kampus," jelasnya. 

Syariffudin mengucapakan terima kasih kepada semua pihak, terutama Rektor Unkhair Dr. M. Ridha Ajam, M. Hum, yang telah mepercayakan Fakultas Pertanian sebagai pelaksana kegiatan, termasuk yang berkurban menitipkan hewan qurban. 

“Semoga pengorbanan menambah ketaqwaan, dan berkah selalu. Mewakili Panpel dan segenap civitas akademika Unkhair, mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 H, tahun 2023 M, mohon maaf lahir dan batin”, ucapnya. (polomilany/red).

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini