RN Malut Sebut Demokrasi Indonesia Berjalan Baik, Tak Perlu Dipersoalkan

Sebarkan:

Ketua DEW RN Malut, Nurcholish Rustam 

TERNATE, PotretMalut - Ketua Dewan Eksekutif Wilayah Rampai Nusantara Provinsi Maluku Utara Nurcholish Rustam menilai demokrasi Indonesia sudah berjalan baik.

"Tidak benar jika ada yang memandang Pilpres 2024 melahirkan politik dinasti," ungkap Nurcholish saat ditemui di Sekretariat DEW RN Malut, Senin, (23/10/2023).

Pria yang akrab di sapa Cholis ini menjelaskan, MK telah memutuskan Perkara Nomor 90/PUU-XXI/2023 yang mengabulkan sebagian permohonan yang menguji pasal 169 huruf q UU nomor  7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

"MK tidak memutuskan begitu saja, tapi melalui pertimbangan hukum yang rasional. Dibutuhkan calon-calon yang berkualitas dan berpengalaman, artinya kurang relevan jika hanya disangkut pautkan dengan syarat usia calon,"ungkapnya.

Cholis menjelaskan, banyak tokoh yang mengambil tanggung jawab besar dalam dinamika politik bangsa ditengah situasi yang kacau saat usia masih dibawah 40 tahun.

"Kita kenal sumpah pemuda dari Muhammad Yamin saat usianya 20-an tahun, Soekarno sudah memikirkan pembentukan bangsa di usia 26 tahun, kita kenal Rengasdengklok karena pemuda, Syahrir menjadi perdana menteri di usia 36 tahun,"sebutnya.

Lebih lanjut, Cholis mengatakan, yang dibutuhkan Indonesia adalah pemimpin berkualitas yang mampu berinovasi dan berkreasi dalam menjawab tantangan Indonesia kedepan.

"Biarkan masyarakat memilih dari rekam proses, gagasan dan ide membangun, serta visi dan misi capres-cawapres. Tidak perlu membuat opini seakan-akan ada yang membuat kejahatan dan ada yang dikorbankan,"pungkasnya. (Mail/red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini