KAPITA Malut Dukung Langkah Plt Gubernur Ganti Pimpinan OPD

Sebarkan:

Devisi Hukum KAPITA Malut, Abdullah Adam (doc. Pribadi)

TERNATE, PotretMalut - Koalisi Pemuda Indonesia (KAPITA) Maluku Utara menilai langkah Plt Gubernur, M Al Yasin Ali untuk mengevaluasi pimpinan Organisasi Pemerintahan Daerah sudah tepat.

Pengurus Devisi Hukum KAPITA Malut, Abdullah Adam mengatakan, langkah untuk mengevaluasi pimpinan OPD dilingkup Pemprov Malut merupakan ikhtiar mengendalikan jalannya pemerintahan.

Pria yang akrab disapa sapa Alud ini menyebutkan, langkah tersebut sudah sesuai dengan ketentuan, apalagi sudah ada petunjuk Mendagri sebagai atasan dari semua kepala daerah dan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

"Sejak Mendagri menunjuk Wakil Gubernur, Ali Yasin sebagai Plt. Gubernur,   ada beberapa kepala OPD yang sudah diganti. Bahkan yang disebut Plt, ada yang sudah menjabat 10 tahun," ungkap Alud, Senin, (15/01/2023) malam.

Menurut Alud, beberapa kepala OPD yang sudah menjabat lebih 8 tahun patut di evaluasi bahkan harus diganti.

"Meski sudah lama menjabat, misalnya kadis kesehatan dan kehutanan, tidak ada kinerja yang terlalu berdampak dan terlihat biasa-biasa saja," ujarnya.

Alud menambahkan, patut diduga ada beberapa pimpinan OPD yang sengaja mendiamkan mobil dinasnya di Kota Ternate, padahal seharusnya mobil dinas tersebut digunakan untuk aktivitas perkantoran di Sofifi.

"Kami dari KAPITA sangat mendukung langkah Plt. Gubernur Malut untuk mengevaluasi seluruh pimpinan OPD tersebut," ujarnya.

Praktisi Hukum Malut ini menambahkan, ada beberapa pimpinan OPD yang sementara di periksa KPK terkait jual beli jabatan, dipandang perlu untuk dilakukan penggantian dan atau di rolling jabatan.

"Bila perlu mengevaluasi juga jabatan eselon III jika terindikasi hal yang sama seperti eselon II," pungkasnya. (Mail/red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini