Fachri, Rencana PDAM Kota Ternate Sangat Keliru

Sebarkan:

Danau Laguna

TERNATE – Rencana Pihak Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Ternate untuk menjadikan danau Laguna sebagai pemanfaatan sumber air bersih sangat tidak rasional, kenapa demiakian, rencana tersebut tidak diawali dengan studi kelayakan yang semestinya suatu keharusan. 

Pemerhati Lingkungan Hidup Fachri Rasyid Ichsan kepada Reporter Potretmalut.com Selasa (21/11/217) mengatakan, sebelumnya pihak PDAM  harus melakukan studi Analisis Mengenai Dampak lingkungan (AMDAL), harus didahului dengan studi kelayakan untuk mengetahui perencanaan, teknis, teknologi lingkungan, dampak social budaya, ekonomi. “Harus dipikirkan perencanannya sebelum dimulainya kegiatan. 

Menurutnya, jangka waktu menjadi pedoman dalam satu perencanaan system penyediaan air bersih sehingga publik pun tahu ketersediaan air danau Laguna bisa menjawab krisis air di Kota Ternate dalam waktu lama. “ Danau Laguna adalah Danau Vulkanik, ibarat Air genangan sehingga diperkirakan dapat digunakan dalam waktu 3 sampai 4 tahun mendatang,” .

Selain konsumsi air danau dalam waktu singkat, eksploitasi danau tersebut berdampak besar terhadap lingkungan sekitar. “Jadi Danau Laguna bukan solusi mengatasi krisis Air bersih di Kota Ternate,’ tuturnya.

Menurut dia, mengatasi krisis Air bersih di Kota Ternate, pemerintah Kota harus membuka diri dan berkoordinasi dengan pemerintah provinsi agar menyediakan layanan Air yang bertahan lama, karena krisis air adalah masalah serius di kota ini. 

“Contoh lain dalam mengatasi krisis Air ini seperti menyalurkan Air di daratan Halmahera dengan menggunakan sisitem pipa bawa laut. Meski anggarannya besar, tapi manfaat dan daya tahannya lama,” terangnya.(emis)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini