Rangkaian HKS Mulai Digelar

Sebarkan:
HALSEL- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) pada Jumat 17 November, menggelar sejumlah rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke 53 tahun 2017 di swering pantai Mandaong Kecamatan Bacan Selatan.

Kegiatan yang dilakukan antaranya, senam Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) dan deklarasi desa yang bebas dari buang air sembarangan, Open Defecation Free (ODF), gemar makan buah,  pemeriksaan kesehatan, serta donor darah, yang dihadiri langsung oleh Bupati Kabupaten Halsel, Bahrain Kasuba, Wakil Bupati Iswan Hasim, Sekertaris Daerah (Sekda) Helmi Surya Botutihe, Kapolres Halsel, AKBP. Irfan Setiaprasja Marpuang, dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Halsel, Hj. Nurlela Muhammad, serta para pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan seluruh pegawai di Kabupaten Halsel.

Dalam kesempatan itu, Bupati Kabupaten Halsel  Bahrain Kasuba, dalam sambutannya menyampaikan bahwa, komponen terpenting dalam pencegahan penyakit selain dipengaruhi kualitas lingkungan serta sarana dan prasarana pelayanan kesehatan perilaku memiliki dampak yang basar dalam pembentukan perilaku individu. "Mari kita terus berupaya untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat kususnya dilingkungan keluarga,” ajak Bupati

Bupati juga mengatakan, bahwa dengan mendorong program Indonesia sehat pendekatan keluarga dan GERMAS,  masyarakat dapat berupaya membangun kemendirian keluarga dalam hidup sehat sebagai upaya promotif dan refenetif yang pada akhirnya dapat meningkatkan derajad kesehatan yang setinggi-tingginya sehingga tercipta masyarakat yang produktif yang dapat berperan dalam pembangunan nasional.
Bupati yang juga mantan Ketua DPRD Halsel ini, mengharapkan pada momentum peringati HKN ke 53 ini bisa menjadi momentum untuk seluruh insan kesehatan khususnya bagi Dinkes, agar dapat merekfleksi kembali sejauh mana keberhasilan upaya kesehatan yang sudah dilaksanakan baik promotif, preventif, dalam meningkatkan derajat,  lintas sektor untuk melaksanakan pembangunan  kesehatan di Halsel.

Sebelum mengakhiri penyampaiannya, Bahrain mengajak masyarakat Halmahera Selatan untuk sama-sama mengsukseskan program hidup sehat dengan cara pendekatan terhadap keluarga, mulai dari diri sendiri dan lingkungan keluarga.


Acara ini juga diakhiri dengan pembarian doorprice kepada kepada para peserta senam GERMAS, dengan berbagai macam hadiah yang disediakan. (snr)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini