Mutasi Sekda Dan Inspektur Halsel, BK: Saya Sudah Surati BPKP RI

Sebarkan:
Bupati Halmahera Selatan, Bahrain Kasuba
LABUHA- Berbagai isu miring terhadap Bupati Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Bahrain Kasuba, atas mutasi dua pejabat tinggi daerah dilingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halsel, yakni Sekertaris Daerah (Sekda) Halsel, Helmi Surya Botutihe dan Inpektur Inspetorat Halsel, Slamat, AK yang dikaitkaitkan dengan perbedaan kepentingan politik pada pemilihan gubernur dan wakil gebernur baru-baru ini,  akhirnya terjawab.

Bupati Halsel, Bahrain Kasuba, ketika diwawancarai potretmalut.com, Selasa 10/7/2018 menjelaskan, kedua pejabat tinggi daerah yakni Sekda Halsel, Helmi Surya Botutihe dan Inpektur Inspetorat Halsel, Slamat, AK adalah pegawai pada Badan Pemeriksaan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Republik Indonesia (RI), yang telah dimintai oleh pemerintah daerah untuk diperbantukan di daerah, jika dimutasi atau dikembalikan ke BPKP RI tentunya ada mekanisme yang harus dilalui, salah satunya pemerintah daerah harus menyampaikan ke BPKP RI terkait dengan penyegaran pejabat dilingkup Pemkab Halsel.

“Kita sudah menyampaikan ke BPKP RI terkait dengan masalah yang dimaksud,” jelas Bupati.

Namun sebelumnya, Bupati Halsel Bahrain Kasuba, mengaku bahwa telah menerima informasi dari BKD terutama Inpektur Inspektorat Halsel, Slamat AK. telah merencanakan mengundurkan diri dari jabatannya dan untuk kembali ke BPKP RI, dari dasar itulah selaku pimpinan daerah langsung merespon dan menyampaikan ke BPKP RI untuk dicarikan pengganti yang tidak lain adalah pegawai dari BPKP RI untuk mengisi posisi Inspektur pada Inspetorat Halsel.

“Untuk inspektorat, kita masih gunakan orang dari BPKP RI,” kata Bupati

Sedangkan untuk posisi Sekda Halsel yang saat ini masih ditempati oleh Helmi Surya Botutihe, yang tidak lain adalah pegawai dari BPKP RI, akan digantikan dengan pejabat yang diangkat dari internal Pemkab Halsel, sebagai pelaksana tugas untuk mengisi kekosongan setelah ditinggalkan oleh Helmi Surya Botutihe.

“Kalau posisi sekda, kita angkat dulu sementara pejabat dari lingkup Halsel sebagai pelaksana tugas, sambil menunggu Sekda defenetif,” kata Bahrain. (snr)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini