Soal Bupati Kepsul, KPPU Malut Angkat Bicara

Sebarkan:

TERNATE – Tak disangka, apa yang dilakukan Bupati Kepulauan Sula (Kepsul) Hendrata Thes terhadap kepergian ayahnya di depan Istana Daerah (ISDA) Kepulauan Sula kini menjadi pembicaraan publik. Bahkan, kabar tidak menyenangkan ini mulai di persoalkan beberapa OKP di Kepsul. Menanggapi hal tersebut, Lembaga Sosial Kemasyarakatan Pemuda Peduli Ummat (KPPU) Provinsi Maluku Utara angkat bicara.

Lembaga sosial yang diketuai Amirudin S Ahmad itu berpendapat, isu yang memojokkan Bupati Kepsul tidaklah tepat. Sebab, apa yang dilakukan Bupati Hendrata adalah perbuatan biasa dan tidak menyalahi aturan baik perundang-undangan maupun adat istiadat Kepsul.
  
“ Bagi kami hal yang wajar-wajar saja, pak Bupati hanya melakukan apa yang harus dilakukan. Artinya, sebagai anak patut kiranya menghormati perjuangan orangtua. Memberikan keistimewaan terhadap orangtua adalah sebagai bentuk kepatuhan anak pada orangtua,” urai Amirudin dalam rilisnya, Rabu (18/7).

Menurut mereka, isu yang memojokkan Bupati Hendara adalah “setingan” atau sengaja dibangun oknum tertentu untuk mencari kesalahan saja. Sebagai seorangan pimpinan, Hendara patut dijadikan contoh karena memposisikan statusnya sebagai anak dengan baik ketika menghormati orangtuanya.

Foto penghormatan yang dilakukan Bupati Hendrata Thes terhadap jenazah ayahnya di depan istana daerah Kepsul
“ Sekalipun itu dilakukan didepan istana daerah. Beliau juga tidak melanggar adat istiadat dan budaya di Sula, tapi kenapa ini seolah diperbesarkan,” ujarnya.
Dirinya mengimbau kepada masyarakat Sula agar tidak mudah terprokasi dengan isu tersebut. Kerana isu yang kembangkan itu bisa jadi menimbulkan konflik suku, ras agama, dan antar golongan (sara). “ Sebagai generasi muda, harusnya memberi pencerahan pada masyarakat, bukan mengajak untuk membenci orang lain hanya karena kepentingan sesaat. Jangan memprofokasi kondisi yang akhirnya menimbulkan konflik sara,” imbuhnya.

Perlu diketahui, kabar tidak menyenangkan ini beredar setelah Bupati Hendrata memberi penghormatan atas meninggalnya orangtua (ayah) di depan istana daerah Kepulauan Sula bebera waktu lalu. (*)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini