Pembukaan STQ XXV Berlangsung Meriah

Sebarkan:

BAHRAIN saat membacakan sambutannya pasa pembukaan STQ
LABUHA - Pelaksaan pembukaan Seleksi Tilawatil Qur’an ke-XXV tahun 2019 di Desa Bibinoi, Kecamatan Bacan Timur Tengah, Kabupaten Halmahera Selatan, Jumat (15/3) malam berlancar dan meriah.

Pembukaan STQ di buka langsung Bupati Halmahera Selatan (Halsel), Bahrain Kasuba.  Wakil Bupati Iswan Hasjim bersama Ibu Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Halsel, Yeni Amelia,  Sekertaris Daerah Helmi Surya Botutihe turut hadir dalam sesi pembukaan tersebut. Turut hadir Forkopimda Halsel, Pimpinan SKPD, Kepala Kementerian Agama, Camat dan para Kafila yang mewakili 30 Kecamatan yang ada di Halsel. Masyarakat Desa Bibinoi dan desa sekitarnya tak luput hadir dari kegiatan tersebut.

Pembukaan ditandai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dilanjutkan pembacaan Kalam ilahi dan pelantikan dewan kakim oleh Wakil Bupati Halsel, Iswan Hasjim.

Dalam sambutanya, Bahrain Kasuba mengatakan, pelaksanaan STQ yang dilaksanakan tahun ini adalah momentum yang sangat strategi bagi penyelenggaraan pemerintahan serta pembangunan di Kabupaten Halsel.

Hal ini, menurutnya tepat dilaksanakan disaat Pemkab Halsel sedang melakukan proses secara masif, mulai dari desa sampai ke ibu kota kabupaten. “ Dengan momentum STQ ini, mari kita satukan komitmen untuk menjaga kedamaian negeri ini dengan tetap menjaga toleransi antar umat beragama serta menjaga kekeluargaan yang sudah terjalin selama ini dalam bingkai yang hakiki “, ajak Bupati.

Bupati mengimbau kepada para peserta STQ agar dapat bermusabakah secara sehat, selalu utamakan pemahaman dan pengamalan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari bukan hanya mengejar juara 1, 2 dan 3, melainkan dapat menjadikan  Al-Qur’an sebagai panglima kehidupan dan kompas penentu arah dalam mengarumi kehidupan duniawi untuk menuju pulau akhirat sebagai pulau terakhir kehidupan.

Orang nomor satu di Pemkab Halsel ini juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia penyelenggara STQ dan seluru masyarakat Kecamatan Bacan Timur Tengah khususnya di Desa Bibinoi atas terselenggaranya STQ.

“ Kepada seluruh official dan para peserta saya ucapkan selamat bermusabah, semoga hasil dari peserta STQ ini bisa terpilih yang terbaik untuk mewakili Provinsi Maluku Utara menuju ke STQ tingkat Nasional “, tutup Bahrain.

Sekertaris Daerah Helmi Surya Botutihe, selaku Ketua Lembaga Pengembangan Al-Qur'an Halsel menambahkan, STQ tahun ini adalah sebagai salah satu bentuk dakwa dan bentuk syiar islam serta dapat menyembuhkan kesadaran diri dari kecemburuan sosial umat muslim.

Lanjut Helmi, peserta STQ sendiri berjumlah 160 orang dari 30 kecamatan di Halsel. 39 orang tilawah tingkat anak, 20 orang tilawah kategori putra dan 19 orang kategoti putri. Kategori dewasa 44 orang terdiri dari cabang tilawah kategori dewasa putra  25  orang dan kategori putri 19 orang. Sedangkan Cabang Hifzil Qur’an 77 orang terdiri dari jenis lomba 1 zus kategori putra  21 orang dan putri 21 orang.  

“ Dan jenis lomba 5 zus putra 13 orang dan putri 13 orang, jenis lomba 10 zus 7 orang meliputi putri 5 orang dan putra 2 orang. Semoga semua kafila dapat mengikutinya lomba STQ ini dengan baik, sehingga dapat ikut bertanding tingkat provinsi dan nasional “, jelasnya.  

Pembukaan STQ di Desa kelahiran orang nomor satu di Halsel ini ditandai dengan pemukulan Tifa dan penekanan tombol Serine oleh Bupati Halsel bersama Wakil Bupati dan unsur Forkopimda Halsel. Pelaksanaan STQ berlangsung selama 5 hari,dimulai dari tanggal 15-20 Maret 2019. (saf)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini