150 Relawan Gelar Pembekalan Menjelang HKBN

Sebarkan:
Sesi foto bersama BPBD dan Sekda Kota Ternate

TERNATE - Menjelang Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) yang akan jatuh pada Tanggal 26 April 2019 mendatang, Pemerintah Kota Ternate melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate menggelar pembekalan kepada 150 relawan yang tergabung dalam  dunia usaha, mahasiswa, dosen dan guru perempuan.

Kegiatan tersebut bertempat di Aula Mini Kampus I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Khairun (Unkhair) Ternate yang dibuka langsung oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Ternate M Tauhid  Soleman.

Dalam sambutannya M. Tauhid Soleman dihadapan ratusan relawan, telah memberikan apresiasi penuh atas diselengarakannya pembekalan relawan dan juga diharapkan dapat memberikan pengetahuan lebih kepada masyarakat terutama kepada siswa SD dan ibu-ibu hamil serta para lansia khusunya Kota Ternate agar lebih siap menghadapi bencana alam.

" Pembekalan ini bertujuan untuk mengajarkan kepada masyarakat agar mengenali ancaman bencana alam, sehingga bisa mengurangi risiko bencana dan menekan jatuhnya korban jiwa, " Katanya.

Sementara kepala BPBD Kota Ternate Hasim Yusuf usai kegiatan kepada wartawan mengatakan, kegiatan pembekalan relawan ini melibatkan 150 peserta kaum perempuan yang terdiri dari ketewakilan masing-masing instansi. 

Keterlibatan para relawan perempuan ini menurutnya mampu menjadikan pendidikan edukatif dan memberikan pengajaran berupa pengetahuan kepada Siswa SD, ibu hamil dan para lansia mengenai mitigasi bencana baik itu berupa gempa, tsunami bahkan bahaya erupsi gunung Gamalama 

" 150 relawan perempuan ini yang nantinya akan memberikan pengajaran kepada 2000 siswa-siswi SD  yang tersebar di Kota Ternate bahkan juga ibu-ibu hamil dan para lansia, " ujarnya.

Lanjut dia, Keterlibatan kaum perempuan dalam pembekalan kesiapsiagaan merupakan tema nasional yang nantinya di angkat saat hari KBN. Olehnya itu dalam kegiatan ini diharapkan menjadi budaya agar masyarakat Kota Ternate selalu siap mengahadapi situasi bencana yang akan dialami.

" Sekedar diketahui Puncak kegiatan HKBN ini jatuh pada tanggl 26 April 2019 dan nantinya akan berlangsung di taman Landmark sekaligus dilakukan berupa apel siaga relawan dan pengukuhan forum pengurangan resiko bencana Kota Ternate " tutupnya (mn).

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini