BNPB Jdwalkan Tinjau Lokasi Gempa di Morotai

Sebarkan:


TERNATE – Gempa bumi magnitudo 7,1 Skala Richter (SR) kembali terjadi di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara yang terjadi pada kamis (4/6/) pukul 17.49 WIT, sore. beberapa pekan lalu berdampak Tsunami yang mengakibatkan 312 rumah rusak.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat Doni Moli nardo tak tinggal diam dengan bencana tersebut, karena sudah dijadwalkan senin (15/6) mengujungi langsung lokasi gempa yang terjadi di Morotai.


Saat ini. Kepala BNPB Pusat Doni Monardo, , berikan penugasan untuk melakukan kaji cepat atau pemantau dampak dari bencana pada saat itu, karena usai dari kejadian tersebut terjadi gempa susulan juga.  Kata Kasi Pemantauan Evaluasi dan Pelaporan Kedaruratan BNPB Pusat, Asep Supriantna kepada Wartawan di Hotel Sahid Bella Ternate, Minggu (14/6)

Gempa bumi 7,1 Skala Richter (SR) yang terjadi di Kabupaten Pulau Morotai membuat Kepala BNPB Pusat Doni Monardo, berikan penugasan untuk melakukan kaji cepat atau pemantau dampak dari bencana pada saat itu, karena usai dari kejadian tersebut terjadi gempa susulan juga. Kata Kasi Pemantauan Evaluasi dan Pelaporan Kedaruratan BNPB Pusat, Asep Supriantna kepada Wartawan di Hotel Sahid Bella Ternate, Minggu (14/6).

“ Musibah ini, kita di tugaskan untuk kaji cepat terhadap bencana gempa bumi tersebut, apa-apa saja yang terjadi, dan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat, kemudian apa saja penanganan yang dilakukan segera, agar kami pemerintah pusat mengetahui,” jelasnya.

Dia mengaku data dari pusat sudah ada, namun terjadi gempa susulan 4,9 SR, pihaknya harus berangkat ke Kabupaten Pulau Morotai entah dari jalur laut maupun darat. Agar bisa memastikan dampak dari gempa secara langsung.

Untuk data pengungsian, kami sudah terima sesuai dengan jumlah masing-masing desa yang terdampak gempa tersebut, saat ini mereka telah mengusulkan tenda pengungsian. Maka segera kami meninjau langsung ke lapangan untuk memastikan kebutuhan masyarakat yang terdampak bencana alam.”ucapnya.

“data yang Kami terima sesuai dengan kebutuhan masyarakat akan kami sampaikan kepada Provinsi Malut dan instansi terkait, agar bisa kita tangani secara bersama,” katanya.

Sedangkan bantuan yang diberikan. Menurut dia, BNPB sudah mmeberikan bantuan logistik peralatan melalui Pemerintah Provinsi Malut telah diberikan beberapa bantuan kepada masyarakat terdampak.

“Kami sudah berikan bantuan melalui Pemerintah Provinsi Malut, karena sudah dilakukan kajian cepat melalui BNPB, dan selalu melakukan koordinasi dengan BNPB Provinsi Malut dan BNPB Pusat,” ungkapnya,(red)


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini