Dua OKP Terancam Dicoret dari Peserta Penuh Musda KNPI

Sebarkan:
Suasana Rapimpirda KNPI Halsel 

HALSEL - Rapat Pimpinan Paripurna Daerah (Rapimpurda) KNPI Kabupaten Halmahera Selatan menuai aksi poretses yang dilakukan dua organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) yakni HMI Cabang Persiapan Bacan dan Ikatan Mahasiswa Muhammad (IMM) persiapan Bacan.

Aksi ini terjadi pada saat Stering Komite Musda KNPI Halsel menetapkan kepesertaan penuh pada pelaksanaan Musda ke-VI KNPI yang direncanakan digelar pada September mendatang. Tercatat sebanyak 73 OKP, Ormas dan sayap partai di tetapkan sebagai peserta penuh. Sementara HMI Cabang persiapan Bacan dan IMM Cabang persiapan Bacan ditolak mentah-mentah karena masih berstatus cabang persiapan.

Ketua HMI Cabang persiapan Bacan,  Samsul Muhammad memprotes terhadap stering Komite. Dia menyebutkan selama musda KNPI Halsel HMI cabang persiapan Bacan selalu menjadi peserta penuh.

"Jika kami ditetapkan sebagai peninjau, maka HMI siap mengagalkan musda nantinya," teriak Samsul dalam Rapimpurda yang digelar Senin, 31/8/2020 di Hotel Buana Lipu. 

Kendati menuai aksi protes dari HMI Cabang persiapan Bacan dan IMM persiapan Bacan, pimpinan sidang Tabrid S Thalib tetap menolak kedua OKP Cipayung tersebut sebagai peserta penuh. Sidang berlangsung memanas dan berhasil dikendalikan Hendra Kamarullah utusan dari DPD KNPI Malut.

Sekretaris Stering Tabrid S Thalib langsung menetapkan sebanyak 73 OKP, Ormas dan sayap partai sebagai kepesertaan peserta penuh. 73 OKP, Ormas dan Sayap partai ini langsung ditetapkan untuk mengikuti Musda KNPI ke- VI pada September mendatang dengan melampirkan surat mandat dan SK kepengurusan.

"Untuk HMI dan IMM cabang persiapan akan godok di internal stering apakah masuk menjadi peserta penuh atau peninjau saat Musda nantinya," kata Tabrid sekaligus mengesahkan Kepsertaan Musda.

Sementara dalam pembukaan Rapipurda KNPI Halsel pertama dipusatkan di Hotel Buana Lipu yang dibuka secara langsung oleh Sekertaris Kabupaten Halsel, Helmi Surya Botutihe yang juga Ketua MPI Halsel. Dalam rapipurda juga dihadiri ketua OKK KNPI Malut Yahya Alhadad.

Sementara Ketua panitia Musda, Samsir Ali Koda mengatakan setelah Rapimpurda akan dilaksanakan pembukaan Musda yang digelar September.

"Untuk pembukaan Musda KNPI dipusatkan di lapangan sepakbola Desa Babang Kecamatan Bacan Timur," ujar Samsir (Buwas/PM) 
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini