Kukuhkan FK-Tagana, Gubernur Malut Harap Tingkatkan Masyarakat Sadar Bencana

Sebarkan:

 

Gubernur KH. Abdul Gani Kasuba, Lc resmi mengukuhkan Forum Koordinasi Taruna Siaga Bencana (FK -Tagana) Maluku Utara

 TERNATE,Potret – Gubernur KH. Abdul Gani Kasuba, Lc resmi mengukuhkan Forum Koordinasi Taruna Siaga Bencana (FK -Tagana) Maluku Utara (Malut) yang diselenggarakan Dinas Sosial Provinsi Malut di Kelurahan Afe Taduma, Ternate, Minggu (01/11/2020).

Gubernur, dalam sambutannya, sangat mengapresiasi  kegiatan tersebut. Beliau mengatakan, salah satu tentangan menghadapi musibah bencana alam adalah bagaimana meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat.

"Dengan kondisi yang dihadapi daerah ini, yang sering terjadinya musibah bencana alam, inilah tantangan kita untuk meningkatkan kesiapsiagaan kita terhadap bencana dengan memberdayakan masyarakat kita menjadi masyarakat yang siaga dan siap dalam menghadapi bencana," kata Gubernur.

 Gubernur dua periode ini menyebutkan, keberadaan Tagana sekarang ini bukan saja dikenal di lingkungan institusi sosial, namun sudah dikenal oleh kalangan banyak, baik pegiat penanggulangan bencana maupun masyarakat.

"Ini semua terkait dengan eksistensi tagana yang semakin membaik, karenanya perlu di pertahankan serta dikembangkan kembali," ujarnya mengapresiasi.

Bencana, menurut Gubernur, selalu berkaitan dengan kompleksitas masalah yang menuntut penanganan secara profesional. Tagana sebagai salah satu pegiat penanggulangan bencana harus mampu mempersiapkan diri menjawab kondisi tersebut.

Selain itu, sambung beliau, seiring dengan pembangunan daerah yang semakin pesat, tentu banyak terjadi perubahan, baik fisik maupun ruang wilayah sehingga berpotensi menghadirkan rawan bencana yang jika terjadi akan menganggu aktivitas dalam kehidupan bermasyarakat.

Beliau menuturkan, upaya meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana, tidak mesti tidak membebankan hanya kepada pemerintah, tapi perlu membangun partisipasi semua pihak.

Harapan beliau, agar anggota Tagana selalu meningkatkan profesionalitas dalam melindungi masyarakat dari ancaman bencana alam.

"Sebagai anggota Tagana, senantiasa harus meningkatkan kapasitas dan kemampuan diri dalam mengemban amanat masyarakat, karena melalui peran kitalah, masyarakat daerah kita akan merasa terlindungi dengan ancaman resiko bencana," harapnya.

Senada, Kepala Dinas Sosial Provinsi Malut Muhammad Ismail dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan ini bermaksud terciptanya kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas dalam penanggulangan bencana, meningkatkan pengetahuan tentang pengurangan resiko bencana serta meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi kemungkinan bencana," ungkap mantan Asisten III ini.

 

Diketahui, pengukuhan FK-Tagana Malut sesuai Surat Keputusan Gubernur Nomor 420/KPTS/MU/2019 yang diketuai Ahmad Baligi dan sekertaris Sunardi Hamid.

Disela-sela kegiatan tersebut, Gubernur Juga Menyerahkan Bantuan kepada Masyarakat Afe Taduma berupa 2996 kg Beras, 330 Paket Makanan Anak, 10 unit Tenda Gulung, 1 paket bantuan keserasian Sosial.

Selain itu, gubernur juga meletakan Batu Pertama Renovasi Musholah An-Nur Kelurahan Afe Taduma.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Sosial Muhammad Ismail, Sekretaris Dinas Sosial Andarias Thomas, Lurah Afe Taduma Nafisa M. Saleh serta Tokoh Masyarakat Kelurahan Afe Taduma, (red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini