5 Desa di Halmahera Utara Terendam Banjir, RPI Maluku Utara Kumpulkan Donasi

Sebarkan:

 

Foto: Anggota RAPI Malut melakukan penggalangan dana bagi korban bencana alam di Halmahera Utara

TERNATE – Gempa dan banjir mengawali negeri pertiwi Indonesia, tak terkecuali di Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara, yang sebanyak 5 desa terendam banjir, jalanan ambruk, jembatan putus, dan 1800 warga mengungsi. Menteri Sosial RI Tri Rismaharini telah berkunjung ke lokasi banjir bersama Gubernur Maluku Utara H. Abdul Gani Kasuba, dan Bupati Halmahera Utara Frans Manery untuk menyerahkan bantuan.

Melihat dampak banjir yang mengakibatkan banyak warga mengungsi, DPW RPI Maluku Utara tersentuh hati untuk menjadi solusi dengan cara mengumpulkan donasi.

"Bekerja sama dengan Alegori Mahasiswa Jurusan Bahasa Arab (Aljabar) IAIN Ternate, kami menggelar aksi sosial kemanusiaan, disertai dengan penggalangan dana untuk saudara-kita kita yang terkena musibah banjir di Halmahera Utara," kata Hamdy M. Zen, ketua DPW RPI Maluku Utara.

"Agenda tersebut dilaksanakan selama 2 hari. Dimulai sejak senin tanggal 18 januari 2021di lingkungan IAIN Ternate dan dilanjutkan pada selasa 19 januari 2021 di depan Masjid Raya Al-Munawwar, kota Ternate," sambung Hamdy M. Zen.

"Dana yang terkumpul selama dua hari itu sebesar Rp 1.100.000 dan pada kamis 21 januari 2021, semua jumlah anggaran tersebut telah ditransfer langsung, ke Ibu Ahsun, ketua DPD RPI Halmahera Utara. Ibu Ahsun merupakan bagian dari para pihak yang menangani masalah bantuan, untuk para korban bencana banjir di Halmahera Utara," jelas Hamdy yang juga penulis buku Jangan Protes pada Proses: Renungan-Renungan Inspiratif tentang Kehidupan (2019) dan pengajar tetap di IAIN Ternate.

Dari Jakarta, Presiden DPP RPI Yanuardi Syukur menyampaikan terima kasih kepada semua anggota RPI yang luar biasa jiwa sosialnya dan para dermawan yang telah menyisihkan donasi. "Sekecil apapun itu berharga sebagai bentuk kepedulian kita kepada sesama, apalagi di awal tahun 2021 bencana terjadi secara beruntung di berbagai daerah," kata Yanuardi. "Sebagai warga bangsa, kita dituntut untuk harus menjadi bagian dari solusi, part of the solution, dengan membantu sesama anak bangsa," tutup pengajar Antropologi Universitas Khairun, Ternate, yang sementara menyelesaikan S3 di FISIP UI tersebut.

Di Maluku Utara, jaringan RPI telah terbentuk di beberapa kabupaten/kota. Selain DPW di tingkat provinsi yang diketuai Hamdy M. Zen dan Sulaeman Ilyas sebagai Sekretaris, juga telah terbentuk Ketua DPD RPI Tidore Kepulauan Suyono Sahmil (Pemred Media Online Marijang) dan Ketua DPD RPI Halmahera Utara Ahsun Inayati (PNS Halmahera Utara).

"Saat ini pengungsi sudah banyak yang pulang. Maka, kami akan salurkan bantuan kepada masyarakat miskin, terutama mereka yang memiliki bayi dan balita, dan akan kami dokumentasikan juga," terang Ahsun Inayati, ahli pertanian yang pernah menjabat sebagai Camat di Galela Barat,(red).

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini