Kadikbud Malut Dan Wagub Pantau Pelaksanaan US Hari Pertama di Kota Ternate

Sebarkan:
Kadikbud Malut, Imam Mahkdi Hasan dan Wakil Gubernur Malut, M Ali Yasin memantau pelaksanaan Ujian Sekolah Hari pertama di Kota Ternate

TERNATE - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Maluku Utara, Imam Makhdi Hasan dan Wakil Gubernur Malut memantau secara langsung pelaksanaan hari pertama Ujian Sekolah (US) tingkat SMA, SMK dan SLB tahun ajaran 2020/2021).

" Pada pelaksanaan US hari pertama, Dikbud Malut memantau dan memonitoring langsung di sejumlah yang ada di Kota Ternate, yakni MAN 1 Kota Ternate, SMKN 1 Kota Ternate, SMAN 4 Kota Ternate, SMAN 5 Kota Ternate dan SMKN 2 Kota Ternate, Kata Kadikbud Malut, Imam Mahkdi Hasan kepada wartawan, Senin (22/03/2021).

Menurut Iman, pelaksanaan US hari pertama di 10 Kabupaten/Kota berjalan lancar dan tidak ada kendala berdasarkan hasil monitoring dan pemantauan selama ujian sekolah berlangsung. 

“ Pelaksanaan ujian sekolah di 10 Kabupaten/Kota berjalan aman dan lancar. Dan US ini dipantau langsung oleh keterwakilan Dikbud Malut yang ada di Kabupaten/kota, " Kata Imam

Imam juga menjelaskan, untuk jumlah peserta yang mengikuti ujian sekolah tahun ini sebanyak 19.606 siswa maupun siswi. Untuk SMA sebanyak 13.575 siswa, SMK 5.969 siswa sementara SLB hanya 62 siswa. 

" Jumlah peserta US tahun ini sebanyak 19.606 siswa siswi, untuk SMA dengan jumlah 13.575, SMK 5.969 dan sementra SLB hanya 62 siswa. Jadi jumlah siswa  secara keseluruhan yang mengikuti US sebanyak 19.06, " Ujar Imam.

Selain itu lanjut Imam, ada sekolah yang melaksanakan US secara daring maupun menggunakan kertas dan Alhamdulillah berjalan dengan lancar.

Dalam pelaksanaan US ini lanjut Imam, Dikbud Malut telah mendelegasikan setiap Kabupaten/Kota 2 orang yang bertugas memantau jalannya pelaksanaan ujian hingga selesai ujian sekolah.

" Jadi tim pemantau ujian ini bertugas melakukan evaluasi kira-kira ada kendala pelaksanaannya US atau tidak, tetapi kita berharap mudah-mudahan dalam pelaksanaan ujian kali ini tidak ada kendala dalam proses pelaksanaannya, " Tukasnya.

Imam juga berharap, kepada seluruh peserta agar dapat melaksanakan ujian dengan baik, karena ujian bukan sekedar menyelesaikan soal-soal yang ada, tetapi ujian dapat membentuk karakter siswa dari sisi kejujuran dan disiplin yang dapat membentuk kepribadian yang baik.

Pada akhir dari pelaksanaan US diharapkan harus ada pelaporan dari setiap cabang dinas di 10 Kab/kota ke Dikbud Malut untuk di identifikasi permasalahan-permasalahannya ada.

" insha Allah pelaksanaan US ini tidak ada masalah selama ujian berlangsung,” Tutur Imam.

Sekedar diketahui, hari pertama pelaksanaan US berdasarkan hasil pemantauan, semua siswa mengikuti ujian tidak kendala. (Red)


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini