Sekolah SMA/SMK dan SLB di Malut Siap Gelar US

Sebarkan:
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadikbud) Maluku Utara : Imam Mahkdi Hasan

TERNATE - Seluruh jenjang sekolah SMA/SMK dan SLB di Maluku Utara sebentar lagi akan mengikuti Ujian Sekolah (US) setelah penyusunan soal sudah rampung dilakukan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) di masing-masing sekolah. 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Maluku Utara kepada wartawan Sabtu, (14/03/2021) mengatakan, untuk Pembuatan soal Ujian Sekolah, dilakukan sendiri guru-guru di setiap sekolah yang dikontrol langsung oleh cabang dinas dan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS).

“ Hal ini berdasarkan surat edaran Mendikbud Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Merdeka Belajar dalam Penentuan Kelulusan Peserta Didik dan Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2020/2021, “ Ucap Imam.

Imam menjelaskan, jelang pelaksanaan ujian, naskah soalnya sudah disiapkan sesuai mata pelajaran yang akan diujikan. Dan ini dikontrol langsung cabang dinas dan MKKS SMA/SMK dan SLB Kabupaten dan Kota di Maluku Utara.

Selain itu kata Imam, Pada saat pelaksanaan ujian nanti, Dikbud Malut akan menginstruksikan kepada semua pejabat eselon III dan IV di jajaran Dikbud Malut agar turun di 10 kab/kota untuk melakukan pengawasan, monitoring dan evaluasi selama ujian sekolah berlangsung.

“ Pada saat pelaksanaan ujian nanti, bakal ada tim pemantau untuk melaksanakan pengawasan, monitoring serta evaluasi yang dilakukan langsung oleh jajaran Dikbud, “ Jelas Imam.

Imam juga menuturkan, berdasarkan edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bahwa, ujian itu dilaksanakan satuan pendidikan termasuk penyediaan naskah soal diselenggarakan oleh satuan pendidikan sesuai edaran.

Sekedar diketahui, Ujian Sekolah tingkat SMA/SMK dan SLB di Maluku Utara akan dilangsungkan pada tanggal 22 Maret 2021. (Adv/red)


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini