Tingkatkan Mutu Pendidikan, Kadikbud Malut Lantik Pengurus MKKS dan MGMP Halmahera Timur

Sebarkan:

 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadikbud) Provinsi Maluku Utara, Imam Mahkdy Hasan saat menandatangani berita acara pelantikan pengurus MKKS dan MGMP di Halmahera Timur
BULI - Pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) SMA dan SMK Kabupaten Halmahera Timur, Maluku Utara Periode 2021-2024 resmi dilantik.

Pelantikan ini dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadikbud) Provinsi Maluku Utara, Imam Makhdy Hasan, di Resto Kartika Buli pada Sabtu (12/9/2021).

Imam mengatakan tujuan dari pelantikan ini guna memperluas wawasan pengetahuan para Kepala Sekolah agar dapat menjalankan tupoksi secara manajerial, pengembangan kewirausahaan, supervisi guru dan tenaga kerja kependidikan di masing-masing sekolah agar kepala sekolah fokus pada pengembangan 8 standar pendidikan.

“MKKS SMA dan SMK harus dibentuk pada Kabupaten dan Kota di tingkat Provinsi sebagaimana dijelaskan dalam UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Sekolah dan Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018 tentang penugasan guru sebagai Kepala Sekolah,”ujar Imam

Imam menjelaskan, terbentuknya MKKS pada SMA dan SMK di Kabupaten dan Kota adalah sebagai wadah komunikasi, pembinaan dan peningkatan mutu profesi serta karier kepala sekolah.

Oleh karena itu,diharapkan MKKS yang telah dibentuk ini menjadi sebuah wadah asosiasi atau perkumpulan kepala sekolah yang berada di Kabupaten Halmahera Timur untuk menjalankan fungsi sebagai sarana saling berkomunikasi, belajar, bertukar pikiran dan pengalaman antar kepala sekolah sebagai ujung tombak terjadinya peningkatan mutu pendidikan di sekolah.

Selain itu lanjut Imam, kepala sekolah diminta tidak lagi melakukan kebijakan-kebijakan yang bersifat sentralistik, tetapi juga bergerak ke desentralistik dan manajemen partisipatif.

“Kepsek tidak lagi bekerja secara individual yang cerdas, tetapi juga harus bekerja secara team work yang cerdas,”jelasnya

Imam menambahkan, peran Kepsek dan guru profesional dalam proses pembelajaran sangatlah penting dalam memacu semangat belajar siswa, walaupun saat ini kita dibatasi dengan kondisi Covid-19. Kita harus komitmen dan konsen memajukan mutu pendidikan di daerah ini menuju Maluku Utara cerdas 2024.

Sekedar diketahui, dalam pelantikan tersebut dihadiri Forkopimda Kecamatan Maba, Kepala Cabang Dinas, dan jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Utara. (red)


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini