Wagub Resmi Lepas 491 Jamah Calon Haji Asal Provinsi Malut

Sebarkan:
Wakil Gubernur Provinsi Maluku Utara, M Ali Yasin saat melepas 491 calon haji 

TERNATE – Wakil Gubernur Provinsi Maluku Utara, Ir. Al Yasin Ali. MM, secara resmi melepas keberangkatan 491 calon haji asal daerah Malut untuk menunaikan ibadah haji tahun 2022.

 Pelepasan ini ditandai dengan penyerahan bendera lambang Provinsi Maluku Utara kepada Amirul Hajj H.Syarif Ibrahim.Lc. bertempat di Aula Utama Asrama Haji Transit Ternate, Jum’at (24/6/2022)

Wakil Gubernur Malut, M Ali Yasin dalam sambutannya mengatakan, keberangkatan Jamah Calon Haji ini merupakan awal dari rangkaian perjalanan ibadaha haji dengan niat mengharap ridah Allah SWT. Ibadah haji yang merupakan salah satu rukun islam, diwajibkan bagi yang mampu melaksanakannya. Mampu dari segi ekonomi dan kesehatan, baik fisik maupun mental.

“Kita pahami bersama, bahwa pada musim haji tahun ini baik haji reguler maupun haji khusus, kebijakannya diperuntukan untuk jama’ah yang telah melunasi biaya perjalanan ibadah haji 1441 H/2020 M, dan berusia paling tinggi 65 tahun per tanggal 8 juli 2022 sesuai dengan nomor porsi dengan kuota 46% sesuai ketentuan dari pemerintah Arab Saudi,”ucap Wagub.

Wagub juga menitipkan pesan kepada seluruh jamaah calon haji dari Provinsi Maluku Utara, selain untuk fokus melaksanakan berbagai rukun haji, juga diharapkan mampu bertindak sebagi duta-duta bangsa dan duta-duta daerah yang berbaur dengan berbagai suku bangsa, umat islam dari seluruh penjuru dunia.

“Peliahara dan jagalah martabat dan kebersamaan, serta menghormati tradisi yang dimiliki bangsa lain. Selain itu tetap perhatikan protokol kesahatan agar sesuai harapan kita bersama bahwa semua jamaah haji yang berangkat bisa melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji dengan lancar dan sehat walafiat sampai kembali ke tanah air,”harapnya

Selama dua tahun, kata Wagub, bangsa indonesia tidak melaksanakan ibadah haji karena pandemi covid 19. Sungguh ini merupakan sebuah ujian kebesaran bagi kita semua khususnya para jamaah calon haji Maluku Utara.

Sementara itu, Ketua PPIHD Provinsi Maluku Utara, Drs.Amar Manaf menyampikan bahwa untuk jumlah kuota jamaah haji tahun 1443 H/2022 M sebanyak 491 orang yaitu 489 orang jamaah haji dan 2 orang TPHD dengan rincian kuota jamaah haji Kabupaten/Kota Sebagai berikut.

Kota Ternate sebanyak 121 orang, Halsel 92 orang, Kota Tidore 53 orang, Sula 45 orang, Halut 43 orang, Halbar 32 orang, Halteng 29 orang, Haltim 28 orang, Pulau Morotai 22 orang, serta PulaunTaliabu 18 orang.

Lanjut Amar, Jamaah haji Maluku Utara tergabung pada 2 kelompok terbang yakni kloter 11 dengan jumlah jamaah sebanyak 489 orang dan kloter 12 sebanyak 102 orang emberkasi Makassar. Kloter 11 terdiri dari jamaah haji asal Kota Ternate, Halsel, Sula, Halut, Haltim, Morotai dan Halbar. Sedangkan pada kloter 12 terdiri dari Kota Tidore, Halteng dan Pulau Taliabu,”ungkapnya.

Untuk kloter 11 diberangkatkan dari bandara babullah Ternate ke Bandara Hasanuddin Makassar dengan menggunakan pesawat Sriwijaya Air pada hari sabtu, 25 juni 2022, diterima di emberkasih haji makassar pada hari sabtu 25 juni pukul 19.00 dan diberangkatkan ke jiddah arab saudi pada hari minggu 26 juni pukul 19.35.

Bila tidak ada perubahan, maka pemulangan kloter 11 jamaah haji Maluku Utara akan diberangkatkan dari bandara Madinah menuju bandara Hasanuddin Maksassar pada hari sabtu 6 Agustus 2022 pukul 22.35 waktu Arab Saudi dan tiba di bandara Hasanuddin Maksassar pada hari minggu 7 Agustus pukul 17.00 dan akan diberangkatkan menuju bandara babullah Ternate pada hari selasa 9 Agustus 2022,”lanjutnya

Sedangkan kloter 12, Kata Ketua PPIHD, akan diberangkatkan dari bandara babullah Ternate ke bandara hasanuddin makassar dengan menggunakan pesawat Sriwijaya Air pada hari minggu 26 juni 2022, diterima di emberkasi haji makassar pada hari minggu 26 juni pada pukul 08.00 dan diberangkatkan ke jiddah arab saudi pada hari senin 27 juni pukul 00.15. Bila tidak ada perubahan maka pemulangan kloter 12 jamaah haji Maluku Utara akan di berangkatkan dari bandara madinah menuju bandara Hasanuddin Makassar pada hari senin 8 Agustus pukul 11.25 dan akan di berangkatkan menuju bandara Babullah Ternate pada hari selasa 9 Agustus 2022.

Dari perjalanan jamaah haji Maluku Utara tersebut maka mulai berangkat dari asrama haji transit Ternate dan sampai kembali ke asrama haji transit Ternate membutuhkan waktu selama 46 hari,”tutupnya.

Turut hadir, Forkopimda Provinsi Maluku Utara, Pimpinan OPD Provinsi Maluku Utara, Perwakilan Kepala Kemenaga Kabupaten/Kota, para Jamaah Calon haji, serta tamu undangan lainnya.(red)


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini