Himpun Guru Penggerak, Ruslan Zainudin Gagas Komunitas Siap Gerak

Sebarkan:
Komitmen bersama stakeholder internal dan eksternal Siap Gerak

TERNATE, PotretMalut - Jumlah guru SMA, SMK dan SLB di Provinsi Maluku Utara sebanyak 5.839 orang. Jumlah tersebut merupakan akumulasi baik itu dari guru PNS, non PNS dan PPPK. 

Dari jumlah tersebut hanya 54 orang yang dinyatakan lulus seleksi sebagai guru penggerak. Hal ini kemudian menuntut Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Malut, Ruslan Zainudin merancang sebuah gagasan untuk program jangka pendek dengan membentuk komunitas "Siap Gerak" di Kota Ternate.

Ruslan yang juga Reformer Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kepemimpinan Administrasi Angkatan I tahun 2022 pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Malut mengatakan, pembentukan komunitas "Siap Gerak" adalah  akronim dari Akselerasi Desiminasi Program Guru Penggerak. Siap Gerak juga bertujuan menghimpun semua lulusan guru penggerak di Maluku Utara untuk melakukan aksi nyata perubahan pendidikan sebagaimana moto program guru penggerak yakni, tergerak, bergerak dan menggerakkan.

"Tergerak untuk melakukan perubahan. Bergerak tidak boleh pasif, harus selalu melakukan perubahan, dan menggerakkan komunitas di sekolah maupun di daerahnya," ujar Ruslan kepada wartawan pada Selasa, (10/01/23)

Menurutnya, dalam pelaksanaan kegiatan, komunitas Siap Gerak melakukan aksi nyata dalam kegiatan seperti lesson study antar sekolah, implementasi kurikulum merdeka (IKM) dan sekolah penggerak (SP). Kemudian melakukan diseminasi best practice pada guru non penggerak di sekolah-sekolah IKM dan PSP.

"Siap gerak adalah branding yang diusung untuk menyatakan bahwa alumni guru penggerak siap melakukan aksi perubahan. Selain pada proses pembelajaran juga punya kemampuan untuk mempengaruhi teman guru lain untuk bergabung sebagai guru penggerak," jelasnya.

Sekadar diketahui, kegiatan yang dipusatkan di SMA 10 Kota Ternate itu dihadiri Sekretaris Dikbud Malut Amiruddin, Ketua Komisi IV DPRD Malut, serta para guru penggerek yang ada di Kota Ternate. (tim/red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini