Sekretaris Dikbud Malut Pantau Langsung Ujian Kompetensi di SMK 1 Ternate

Sebarkan:

 

Sekretaris Dikbud Malut Fahmi Alhabsy pantau langsung ujian kompetensi di SMK 1 Kota Ternate 

TERNATE PotretMalut - Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Maluku Utara Fahmi Alhabsy secara resmi mengunjungi SMK Negeri 1 Kota Ternate pada Selasa, 28 Februari 2022.

Kunjungan orang nomor dua di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Malut itu dalam rangka memantau secara langsung hari pertama pelaksanaan Ujian Kompetensi Keahlian siswa SMK Negeri 1 Kota Ternate.

Kedatangan Fahmi Alhabsy didampingi Kepala Bidang GTK Ruslan Zainudin dan beberapa stafnya diterima langsung oleh Pelaksana Harian (Plh) Kepala Sekolah SMK Negeri I Kota Ternate, Makmur S.Kom.

Untuk melihat pelaksanaan ujian kompetensi keahlian siswa SMK 1 Negeri Kota Ternate, mereka langsung mengunjungi beberapa Laboratorium tempat pelaksanan ujian. Diantaranya Laboratorium Bisnis Daring dan Pemasaran, Laboratorium Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran, Laboratorium Usaha Perjalanan Wisata, Laboratorium Multi Media dan Laboratorium Akuntansi dan Keuangan Lembaga.

Fahmi Alhabsy mengatakan, pelaksana harian Kepala SMK Negeri 1 Kota Ternate dibawa kepemimpinan bapak Makmur ini semuanya mendukung sehingga pelaksanaan ujian hari pertama berjalan lancar.

“Ada beberapa isu yang kami coba kembangkan di saat pemantauan hari pertama ujian ini , nanti ada link jurusan sehingga lulusan yang nanti diharapkan setelah lulus dari SMKN I Kota Ternate, siswa-siswa yang lulus ujian kompetensi ini langsung ditempatkan di dunia usaha atau industri, " ujarnya.

Mantan Kasubag Perencanaan Dikbud Malut itu berharap, dalam pelaksanaan ujian kompetensi keahlian tersebut benar-benar sesuai dan tidak ada intervensi sehingga kompetensi siswa yang diujipun membuahkan hasil yang baik.

Sementara Plh Kepala Sekolah SMK I Kota Ternate Makmur mengataka bahwa, untuk pelaksanaan ujian kompetensi keahlian yang diikuti 248 siswa SMK Negeri I Kota Ternate untuk hari pertama berjalan lancar.

Makmur menyebutkan, ada lima kompetensi keahlian yang ada di SMK Negeri 1 Kota Ternate yaitu bisnis daring dan pemasaran, Otomatisasi dan Tata kelola perkantoran, Usahaperjalanan wisata, Multi media dan Akuntansi dan keuangan lembaga.

“Untuk pelaksanaan ujian kompetensi keahlian dimulai pada hari Senin tanggal 27 sampai dengan tanggal 2 Maret dan Alhamdulillah untuk hari pertama berjalan lancar,” jelasnya.

Dari hasil ujian kompetensi keahlian tersebut, kemudian akan di expo atau pameran sekaligus dirangkaikan dengan sejumlah kegiatan seperti pentas seni dan hasil karya siswa-siswi SMK Negeri I Kota Ternate.

Sementara dari penguji sendiri lanjut Makmur berasal dari penguji internal dan eksternal yakni untuk eksternal yaitu berasal dari industri yang selama ini sudah bekerja sama dengan pihak sekolah sedangkan untuk penguji internal yaitu guru yang memenuhi syarat untuk dijadikan sebagai penguji.

“Kami berharap semoga siswa-siswi dapat mengikuti dengan baik sehingga bisa dinyatakan kompeten dan dapatkan sertifikat dari industri sebagai bukti bahwa mereka telah lulus untuk uji kompetensi kejuruan,” tutupnya. (min/red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini