Gelar Halal Bi Halal, MW KAHMI Malut Ingin Teguhkan Komitmen Kebangsaan

Sebarkan:
MW KAHMI Maluku Utara gelar Halal Bi Halal

TERNATE, PotretMalut - Majelis Wilayah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MW KAHMI) Maluku Utara (Malut), menggelar Halal Bi Halal bertempat di Royal Resto, Selasa, (9/5/2023) malam.

Hajat untuk memperkuat hubungan persaudaraan itu mengusung Tema. Mempererat Silaturahmi Kader, Meneguhkan Komitmen Kebangsaan. 

Iskandar Idrus, saat Sambutan Presidium MW KAHMI Malut mengatakan, KAHMI harus menciptakan kepemimpinan untuk mencapai cita-cita Bangsa.

Untuk mencapainya, kerangka nilai dan moral menjadi pijakan sehingga kesejahteraan masyarakat dari segi pendidikan, kesehatan, sosial, ekonomi dan lainnya dapat terwujud.

"Kerangka yang menjadi standar untuk melangkah adalah nilai dan moral"ungkapnya 

Gubernur Maluku Utara yang diwakili Sekretaris Daerah Samsuddin Abdul Kadir dalam sambutan yang dibacakan mengatakan, Halal Bi Halal adalah momentum penting untuk membangun kebersamaan.

Tradisi Halal Bi Halal dapat menyambung tali silaturahmi yang terputus dan menciptakan kesatuan diantara anak Bangsa.

"Semoga malam kebersamaan yang dibingkai dalam Halal Bi Halal dapat berjalan baik, KAHMI adalah Alumni yang tidak pernah berhenti untuk berkiprah baik, " jelasnya.

Sementara Jubair Situmorang saat penyampaian Hikmah Halal Bi Halal mengajak agar kembali pada nilai-nilai Ramadhan yang sebenarnya telah diikrarkan oleh setiap manusia yang menjalankan.

Untuk meneguhkan komitmen kebangsaan, Profesor Hukum Tata Negara Islam (Siyasah Syar'iyyah) itu mengakatan ada dua problem yakni etika dan kesetaraan.

Etika sebagai fitrah harus mewujud dalam kehidupan sehari-hari sebagai hasil dari Ramadhan dan menjadi penghubung antara manusia.

"Tuntaskan Abdullah (Hamba Allah) terlebih dahulu, baru berbicara tentang Khalifah (Pelaksana Tugas Dimuka Bumi)" ujar penulis buku Etika Politik itu.

Selain itu, status manusia sebagai individu yang setara dalam masyarakat juga menjadi syarat yang harus ditunaikan.

"Kalau Aku nya masih tinggi, maka dia akan menganggap diluar aku adalah satu derajat dibawah dia. Sehingga tidak akan ada saling mengisi, tandasnya. (mail/red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini