Kejari Ternate Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Sebarkan:

foto bersama Kejari Ternate usai upacara memperingati hari lahir Pancasila 

TERNATE, PotretMalut - Kejaksaan Negeri (Kejari) Ternate menggelar upacara dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila ke-78, Kamis, (1/6/2023).

Peringatan dengan tema, Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global, itu berpusat di depan kantor Kejari Ternate dan dipimpin Kepala Seksi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan (Kasi BB).

Dalam amanah Jaksa Agung Republik Indonesia Burhanuddin yang dibacakan Kasi BB Muhammad Adung disebutkan, Pancasila merupakan kristalisasi dari proses kebangsaan pertama kali yang kini menjadi landasan falsafah hidup berbangsa dan bernegara.

"Pancasila dilahirkan dari rahim bangsa Indonesia, yang terdiri dari beraneka macam suku, agama, dan ras sebagai pemersatu dari segala perbedaan. Pancasila bergerak sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh," katanya.

Sebagai ideologi lanjutnya, pancasila memiliki peran yang sangat penting dalam membangun dan memelihara keutuhan negara.

"Pancasila harus dimaknai sebagai kodrat dan takdir Tuhan Yang Maha Esa sekaligus anugerah bagi Indonesia. Berbagai etnis, bahasa lokal, adat istiadat, agama, kepercayaan serta golongan bersatu padu membentuk Indonesia,"ungkapnya 

Amanah tersebut juga mengajak seluruh insan Adiyaksa untuk merenungkan dan mengenang perjuangan para pahlawan kemerdekaan dengan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman dan landasan berbangsa dan bernegara.

Selain itu, insan Adiyaksa diharapkan mengambil peran aktif dalam pembangunan, mengembangkan potensi untuk berkontribusi dalam mewujudkan keadilan yang berhati nurani dan berkemanfaatan.

"Jaga kepercayaan yang telah diberikan masyarakat kepada Kejaksaan, balas dengan kinerja positif demi kemaslahatan masyarakat bangsa dan negara," harapnya (mail/red).

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini