Kesbangpol Ternate Gelar Sosialisasi Pendidikan Politik

Sebarkan:
Nuryadin Rachman

TERNATE, PotretMalut - Pemerintah Kota Ternate melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar sosialisasi pendidikan politik pemahaman kondisi sukses Penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Tahun 2024, pada Senin, (26/6/2023).

Gelaran dengan tema, Membangun Kesadaran Politik Dalam Mewujudkan Demokrasi Yang Bermartabat, Jujur dan Adil Pada Pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024. Itu akan berlangsung selama dua hari yaitu 26 dan 27 Juni.

Sosialisasi yang berpusat di Sahid Bela Hotel Ternate itu melibatkan peserta pada hari pertama dari kalangan pelajar, mahasiswa serta organisasi kemasyarakatan, sementara untuk hari kedua dikhususkan bagi elemen masyarakat di Kota Ternate.

Ketua Panitia Iqbal Amra dalam laporan mengatakan, kegiatan tersebut digelar untuk memberikan pemahaman, pengetahuan dan dukungan terhadap pelaksanaan pemilu dan pilkada kepada masyarakat.

Selain itu, sosialisasi tersebut bertujuan untuk mengajak masyarakat, kalangan milenial serta organisasi kemasyarakatan di Kota Ternate agar mendukung suksesnya pelaksanaan pemilu tahun 2024.

"Masyarakat harus terlibat dalam menciptakan kondisi politik yang bermartabat, karena masyarakat sebagai pemilik suara adalah sekaligus penerima manfaat terbesar dari terlaksananya pemilu yang berintegritas,"tuturnya.

Walikota Ternate, Tauhid Soleman mengatakan, pemilu sejatinya dilakukan secara berkualitas dan bermartabat dengan memaknai norma dan aturan yang berlaku dalam pemilu.

"Salah satu cara untuk dapat memahami pelaksanaan pemilu adalah dengan melaksanakan sosialisasi pemahaman cipta kondisi," jelasnya.

Tauhid menambahkan, semua komponen bangsa wajib menjaga kualitas pemilu, sebab pemilu adalah pilar demokrasi untuk mewujudkan kedaulatan rakyat demi menghasilkan pemerintahan yang demokratis.

"Kita semua berharap, pemilu serentak 2024 nanti mendapatkan legitimasi yang kuat dan amanah, tentunya atas partisipasi masyarakat," harapnya.

Terpisah, Kaban Kesbangpol Kota Ternate Nuryadin Rachman saat memberikan arahan pada penutupan sosialisasi hari pertama mengatakan, semua pihak terutama pemerintah dan penyelenggara perlu mendorong keterlibatan masyarakat dalam pengawasan pemilu.

"kegiatan ini merupakan langkah nyata dari pemerintah dan penyelenggara untuk menyatakan kesiapannya dalam mengawasi seluruh tahapan Pemilu tahun 2024 di wilayah Kota Ternate," ujarnya.

Yadin berharap, sosialisasi tersebut dapat dijadikan bahan oleh peserta agar ditindaklanjuti kepada masyarakat untuk menciptakan kondisi politik yang sehat pada pemilu serentak 2024 mendatang.

Selain itu, pihaknya memberikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada semua yang terlibat dalam kegiatan tersebut dan akan menindaklanjuti saran yang dihasilkan.

"adanya saran dari salah satu OKP yang meminta dibuat kegiatan dengan konsep panggung demokrasi, akan kami tindak lanjuti karena bagian dari upaya mewujudkan pemilu bermartabat serta jujur dan adil," pungkasnya. (Mail/red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini