Pemkot Akan Alihfungsikan Resident Jadi Pelabuhan VVIP

Sebarkan:
Mochtar Hasim

TERNATE, PotretMalut - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate melalui Dinas Perhubungan akan menjadikan pelabuhan Resident, Kelurahan Muhajirin, Ternate Tengah sebagai pelabuhan VVIP. 

Kepala Dinas Perhubungan Kota Ternate, Mochtar Hasim mengatakan, pelabuhan Resident merupakan salah satu aset daerah yang masuk cagar budaya Ternate. Sehingga akan dijadikan sebagai pelabuhan khusus VVIP.

"Setalah pekerjaan rehabilitasi sarana ruang tunggu selesai, dan dinas PUPR menyerahkan ke Dishub, kita akan keluarkan surat SOP dan ditandatangani Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman sebagai pelabuhan VVIP," kata Mochtar, Kamis, 14 September 2023. 

Mochtar mengaku, selama ini pelabuhan Resident difungsikan secara sembarangan dan tidak terkontrol. Bahkan kendaraan roda dua kadang masuk ke pelabuhan dan merusak fasilitasnya. 

"Terkesan tidak terkontrol untuk penggunaannya. Kalau dibiarkan begitu saja, fasilitas akan tetap rusak," ujarnya. 

Lanjutnya, pelabuhan tersebut juga dipakai tidak memiliki aturan. Padahal harus ada aturan yang mengatur agar pelabuhan bisa terkontrol.

"Tujuannya agar tetap memaksimalkan pelayanan, kemudian SOP nya diatur dan kita juga akan terjunkan personil untuk ditempatkan di area pelabuhan agar bisa terjaga," jelasnya.

Ia menambahkan, selain dijadikan pelabuhan khusus VVIP, pelabuhan Resident juga akan difungsikan untuk menarik retribusi. Sehingga, ada potensi yang didapat oleh Pemkot.

"Dengan dimaksimalkannya pelabuhan ini, Insya Allah ada tambahan nilai untuk retribusi pelayanan pelabuhan," pungkasnya (mail/red).

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini