Nelayan Halsel Temukan Mutiara Kerang Seberat 7,5 Kg

Sebarkan:

Salah satu serpihan mutiara kerang yang ditemukan nelayan 

TERNATE, PotretMalut - Seorang nelayan asal Halmahera Selatan menemukan fosil seberat 7,5 kg yang diduga mengandung mutiara kerang.

Fosil yang mengandung dua serpihan, satu seberat  6 Kg, dan satunya lagi seberat 1 Kg itu, ditemukan sekitar dua tahun lalu.

Awalnya, nelayan yang hendak memancing di pesisir laut Halsel itu, melihat pantulan cahaya dari fosil yang diduga mengandung mutiara kerang tersebut. Selain itu, bentuknya juga berbeda dengan bebatuan lain.

Fosil yang semula berwarna kehitaman itu, kini telah berubah menjadi putih dan memancarkan cahaya kekuningan ketika di senter.

Saat ini, fosil tersebut masih disimpan si nelayan sebagai temuannya, sebelum dilakukan uji laboratorium.

Dosen Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Khairun Ternate, Asmar Hi Daud menyebutkan, Kerang Mutiara merupakan sesuatu yang sangat langkah. 

Menurutnya, temuan nelayan ini secara fisik murni fosil kerang dari jenis bia atau kima raksasa (tridacna sp) yang terbentuk sejak ribuan bahkan mungkin jutaan tahun lamanya.

"Untuk membuktikan secara ilmiah apakah fosil itu mengandung mutiara atau unsur mineral lain, harus dilakukan uji laboratorium," sebut Asmar.

Asmar menjelaskan, temuan tersebut merupakan fosil kerang karena secara fisik, struktur cangkangnya tidak biasa dijumpai dan tidak seperti cangkang kerang pada umumnya.

"Uniknya cangkang kerang ini bisa tembus cahaya (kristal) ketika diberi cahaya. Tinggal dilakukan uji lab untuk memastikan apakah kerang ini mengandung mutiara atau hanya mengandung calcium karbonat (CaCo3) biasa sebagai material dasar  penyusun cangkang kerang pada umumnya," sebutnya.

Asmar menambahkan, jenis kerang ini sudah sangat langkah, olehnya melalui UU sudah dilindungi.

"Yakni UU No 5 Tahun 1990 Tentang Konservasi SDA Hayati dan Ekosistemnya  dan PP No 7 Tahun 1999 Tentang Pengawetan dan Jenis Tumbuhan dan Satwa," terangnya. 

Pria yang pernah memenangkan kontes batu mulia tingkat nasional tiga kali berturut-turut ini mengisahkan, mutiara kerang yang ditemukan nelayan asal Hasel ini mirip dengan yang ditemukan nelayan asal Philipina beberapa waktu lalu.

"Mutiara kerang yang ditemukan nelayan Halsel ini dipastikan bernilai miliaran rupiah," pungkasnya. (Tim/red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini