Benteng Oranje Ternate Akan Direvitalisasi

Sebarkan:

Benteng Oranje (Istimewa)

TERNATE, PotretMalut - Pemerintah Kota Ternate melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang akan merevitalisasi Benteng Oranje Ternate.

Ada tiga item perencanaan dalam proyek yang direncanakan akan ditender pada Mei 2024. "Pagar, ampiteater, dan rehabilitasi musholla," ungkap Kepala Dinas PUPR Kota Ternate, Rus'an M. Nur, Kamis, (02/05/2024).

Rus'an menyebutkan, selain program pengelolaan benteng, ada juga program sanitasi di Kelurahan Gamalama, Ternate Tengah.

"Jadi ada dua item dengan total anggaran Rp 10 milliar, masing-masing item Rp 5 milliar," ujarnya.

Rus'an menyebutkan, Pemkot Ternate mendapat penghargaan pengelolaan benteng berbasis peningkatan ekonomi, sehingga ampiteater menjadi menjadi penting untuk mendapat perhatian.

"Ampiteater menjadi tempat atraksi bagi teman-teman komunitas," ujarnya.

Ia mengaku, karena benteng merupakan benda cagar budaya sehingga pihaknya bergerak sesuai aturan dan harus berkonsultasi dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya.

"BPCB memberikan perhatian pada tiga item itu untuk segera dilakukan, dan akan dilakukan sedemikian rupa sehingga seperti bangunan yang bukan baru," tambahnya.

Sementara untuk program sanitasi, Rus'an menyebut saat masih dalam penyusunan Detail engineering design (DED) dengan batas waktu pada awal Mei ini.

"Untuk sanitasi yaitu peningkatan IPLT dan penanganan sistem drainase di kelurahan Gamalama. Dan ada penyediaan dua unit patroli sampah jenis L300," pungkasnya. (Tim/red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini