Gelar Rakor, DPW PAN Malut Akan Inventarisir Semua Balon yang Mendaftar

Sebarkan:

Ketua DPW PAN Malut, Tutur Sutikno 

TERNATE, PotretMalut - Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional Provinsi Maluku Utara, menggelar Rapat Koordinasi untuk menginventarisir penjaringan Pemilihan Kepala Daerah 2024. 

Rakor yang dihadiri Ketua DPW dan pengurus, serta Ketua DPD PAN se-Malut itu, dipusatkan bertempat di kantor DPW PAN Malut, Jum'at, (03/05/2024).

Ketua DPW PAN Malut, Tutur Sutikno mengatakan, DPW PAN akan melakukan seleksi kepada semua Bakal Calon (Balon) yang memenuhi kriteria.

"Jadi Rakor ini untuk menginventarisir Bacalon bupati maupun walikota, dan gubernur yang telah mendaftar dan mengembalikan formulir," ungkapnya.

Selanjutnya, partai akan melakukan seleksi kepada para calon yang memenuhi kriteria, sebelum diputuskan siapa yang akan didukung.

Ia menyebutkan, PAN akan melihat para Balon yang mendapat dukungan Partai Politik (Parpol), atau gabungan Parpol untuk diberikan dukungan.

"Yang pertama adalah persyaratan dukungan Parpol, karena PAN tidak bisa mendukung sendiri," ujarnya.

Selain dukungan Parpol, Tutur mengatakan akan dilihat juga kriteria lain sebagai syarat untuk diberikan dukungan, karena PAN juga ingin menjadi pemenang.

"Pada prinsipnya semua punya kesempatan yang sama, kita akan diskusi dengan para calon tentang kesiapan mereka, berapa partai yang mendukung, hasil surveynya, dan kesiapan logistiknya. Kita akan lihat yang peluang menangnya paling besar," sebutnya.

Terkait kader PAN yang mendaftar, Ia mengaku akan di prioritaskan, meski begitu kader yang bersangkutan terlebih dulu harus siap. "Kalau kader kita siap tentu kita akan dukung, prinsipnya kita akan memilih yang terbaik," pungkasnya.

Ketua Tim Penjaringan Balon gubernur dan wakil gubernur, M Hadun Hi. Adam mengatakan, DPW PAN akan melakukan verifikasi kepada para Balon, dan akan disampaikan ke DPP sebelum tanggal 9 Mei.

Selanjutnya adalah kewenangan DPP, tapi ada standar sendiri. Karena ukuran Pilkada adalah ukuran ketokohan dan popularitas.

"Kami akan diskusi dan melakukan komunikasi, kami juga butuh konektivitas dengan partai lain, karena PAN tidak bisa sendiri," tutupnya.

Diketahui, yang mendaftar dan melakukan pengembangan formulir ada delapan Balon, tujuh diantaranya Cagub dan satu Cawagub.

Delapan nama yaitu Taufik Majid, Benny Laos, Aliong Mus, Husain Syah (Sultan Tidore), Ali Ibrahim, Abdurrahman Lahabato, Ahmad Hidayat Mus, dan Balon wakil Jafar Umar. (Tim/red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini