Ternate Dapat Penghargaan Revitalisasi Bahasa Daerah

Sebarkan:

Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman 

TERNATE, PotretMalut - Pemerintah Kota Ternate mendapatkan penghargaan dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Penghargaan tersebut diberikan karena Pemkot Ternate komitmen melaksanakan perlindungan bahasa daerah, sebagai bagian dari platform merdeka belajar episode ke-17.

Penghargaan tersebut diberikan saat kegiatan revitalisasi bahasa daerah yang digelar Kemendikbudristek di Jakarta, 2 sampai 3 Mei 2024.

Pada rapat koordinasi penguatan revitalisasi bahasa daerah antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang berlangsung selama dua hari tersebut, Kota Ternate diwakili Kepala Dinas Kebudayaan, Muslim Gani.

Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman mengatakan, penghargaan dari terhadap Kota Ternate itu merupakan penghargaan yang tinggi sebagai bagian dari upaya mempertahankan bahasa daerah.

Pada kegiatan tersebut, ungkap Tauhid, Pemkot Ternate telah mendorong pengangkatan guru bahasa daerah sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

"Sebagai peserta, Kadis Kebudayaan telah memperjuangkan agar pengadaan guru bahasa daerah diangkat sebagai PPPK, dan disetujui Kementerian," ungkapnya, Selasa, (14/05/2024).

Wali kota menegaskan, ada dua poin penting pada pada kegiatan tersebut. "Kehadiran ternate sebagai bagian komitmen revitalisasi bahasa daerah sebagai muatan lokal, dan guru bahasa daerah sebagai PPPK yang akan diakomodir pada 2025," pungkasnya. (Tim/red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini