Amankan Liga 1, Ditpamobvit Polda Malut Buat Pelatihan SSO dan Steward

Sebarkan:
Dirpamobvit Polda Malut, Heri Tri Maryadi 
TERNATE, PotretMalut - Direktorat Pengamanan Objek Vital, Kepolisian Daerah Maluku Utara, menggelar Pelatihan Safety Security Officer & Steward atau petugas keamanan keselamatan dan pelayan, Rabu, (05/06/2024) bertempat di aula Kie Raha Polda Malut.

Agenda sebagai persiapan pertandingan Liga 1 yang akan berlangsung di stadion Gelora Kie Raha Ternate, diikuti ratusan peserta SSO dan steward.

Dirpamobvit Polda Malut, Heri Tri Maryadi mengatakan, pertandingan sepak bola tidak bisa terlepas dari safety dan steward untuk membantu dan menjaga situasi di lapangan.

"Safety and security officer merupakan individu yang memiliki tanggung jawab atas keselamatan dan keamanan dalam pertandingan resmi PSSI," jelas Heri dalam sambutan membuka acara.

Petugas keselamatan dan keamanan, kata Heri, memiliki sederet kewajiban seperti yang tercantum dalam regulasi PSSI.

Ia menyebutkan, kewajiban pertama, mampu menerapkan dan meninjau kebijakan dan prosedur keselamatan pengamanan termasuk manajemen dan penilaian resiko.

Kedua, menjadi penghubung utama antara otoritas publik dan panitia penyelenggara yang memiliki kaitan dengan pengelolaan keselamatan dan keamanan untuk pertandingan.

Ketiga, sebut Heri, mengelola operasi keselamatan dan keamanan pertandingan. Termasuk sumber daya, pembekalan, serta penempatan.

Dan keempat, memastikan infrastruktur stadion, sistem, dan peralatan telah dilakukan disertifikasi.

Sementara, petugas steward, sebut Heri, merupakan orang yang dipekerjakan, disewa, dikontrak, atau menjadi sukarelawan di stadion untuk membantu manajemen keselamatan dan keamanan.

Heri berharap, peserta pelatihan dapat mengikuti semua tahapan kegiatan, juga mendiskusikan berbagai kendala dan permasalahan yang dihadapi, untuk menyamakan persepsi dan cara bertindak yang tepat.

Peserta pelatihan safety security officer dan steward
Ketua panitia pelatihan, Ipda Anggitha Ramadhini dalam laporan mengatakan, peserta pelatihan berjumlah 250 personel yang terdiri dari Kabag Ops, Kasat Intel, Kasat Samapta, dan operator Polres jajaran 40 personel, Direktorat Samapta 20, Direktorat Intelkam 11, Direktorat Pamobvit 59, Brimob 15, Polres Ternate 22, Pol PP Provinsi 25, Pol PP Kota 26, dan Pemuda Pancasila 32 personel.

Anggitha menyebutkan, sebelumnya telah digelar persiapan risk assesment dan pengamanan Liga 1 pada, Selasa 04 Juni kemarin. (Tim/red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini