Diduga Bermasalah, Inspektorat Audit Sejumlah OPD Malut

Sebarkan:
Samsuddin Abdul Kadir dan Nirwan M.T. Ali
SOFIFI, PotretMalut - Inspektorat Daerah Maluku Utara, tengah melakukan audit terhadap sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD), untuk memperbaiki sejumlah permasalahan di beberapa bulan lalu.

Kepala Inspektorat Malut, Nirwan M.T. Ali menyebutkan, audit saat ini tengah berlangsung, dilaksanakan di semua OPD lingkup Pemprov. 

"Kita audit beberapa kegiatan sebelumnya, dimana terdapat perintah mantan Plh Sekprov dan beberapa kinerja Plh pimpinan OPD di masa jabatan mantan Plt Gubernur Ali Yasin," ungkap Nirwan, Senin, (03/06/2024).

Nirwan menjelaskan, hal itu dilakukan karena ada beberapa kebijakan yang dikhawatirkan tidak sesuai sehingga harus ditertibkan.

"Kalau kami sudah lakukan, maka teman-teman dari pusat (Irjen) sudah tahu ada tindakan-tindakan koreksi awal dari kami," terangnya.

Ia mengaku, belum bisa banyak komentar karena belum ada kesimpulan dari hasil pemeriksaan dimaksud.

"Saya belum bisa memberikan kesimpulan, nanti setelah pemeriksaan baru saya bisa katakan bahwa memang benar-benar ada masalah di OPD terkait," ujarnya.

Sementara, Pj Gubernur Malut, Samsuddin Abdul Kadir mengatakan, audit dilakukan sebagai bentuk evaluasi.

"Audit ini dalam rangka evaluasi, juga pemeriksaan. bukan hanya di masa kepemimpinan mantan Plt Gubernur kemarin tetapi secara keseluruhan," ungkap Samsuddin.

Ia menyebutkan, audit tersebut juga menjadi langkah memperbaiki permasalahan di beberapa OPD, karena selanjutnya akan ada pemeriksaan oleh Irjen dan BPK.

"Pemeriksaan Inspektorat ini mencari tahu permasalahan awal, sehingga kita bisa perbaiki, sebelum didatangi oleh Irjen dan BPK," terangnya. (Tim/red)


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini