Diduga Curang Saat Perhitungan, Warga Desak Hitung Suara Ulang

Sebarkan:

Ilustrasi 

TERNATE, PotretMalut - Pemilihan Legislatif Kota Ternate Periode 2024-2029 diduga tidak lepas dari kecurangan.

Salah satu kecurangan yang diduga terjadi adalah manipulasi suara kandidat calon legislatif di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Hal ini diungkapkan Tim dari salah satu kandidat Calon Legislatif DPRD Kota Ternate IV.

Tim pemenangan salah satu kandidat yang menolak namanya disebutkan mengatakan, ada Caleg dari partai tertentu yang sengaja memanipulasi suara di TPS 1 sampai 8 Kelurahan Tafure, Ternate Utara.

"Ada kejanggalan jika melihat hasil perolehan suara di beberapa TPS Kelurahan Tafure," sebutnya, Minggu, (25/02/2024) malam.

Ia menjelaskan, seharusnya perolehan suara tidak sebagaimana yang tertera dalam plano.

"Kita melihat dari hasil perhitungan, seharusnya suara yang diperoleh tidak sebagaimana yang tertera di Plano," sebutnya.

"Dari hasil evaluasi internal Tim, ada beberapa suara yang hilang. Kami menduga ada permainan saat perhitungan suara," tambahnya.

Senada dengan itu, salah seorang warga yang dikonfirmasi via telepon menyebutkan, dirinya tahu betul sebaran suara di kelurahan Tafure, hanya saja belum mengantongi bukti.

"Saya tahu, karena ada kerabat yang menyalurkan suara di TPS 3, juga beberapa TPS lain. Tapi hasil perolehan suara ternyata tidak sesuai," jelasnya.

Dari realitas tersebut, pihaknya menginginkan agar dapat dilakukan perhitungan suara ulang di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan.

"Saya sangat berharap dan mendesak agar dilakukan perhitungan suara ulang khusus TPS-TPS di Kelurahan Tafure saat pleno rekapitulasi tingkat kecamatan," pungkasnya. (Tim/red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini