Erwin Umar, Calon Pemimpin Muda Kota Ternate Resmi Mendaftar Ke PBB

Sebarkan:
LO dan Tim Pemenangan Erwin Umar saat mengambil formulir di DPC PBB

TERNATE, PotretMalut - Bakal Calon Wali Kota Ternate, Erwin Umar melalui Liaison officer dan tim pemenangan mendaftar ke Partai Bulan Bintang Kota Ternate, Senin, (29/04/2024).

LO Erwin Umar, Sitna Djuma mengatakan, PBB adalah partai ke empat yang didatangi untuk mendaftar. Pekan lalu, Erwin Umar sudah mendaftar ke Partai Gerindra, Demokrat, dan Perindo.

"Untuk tiga partai yang dilamar, kami sudah mengembalikan formulir pendaftaran ke Gerindra dan Perindo," ungkapnya.

Sementara, untuk partai Demokrat, insya Allah besok dikembalikan. "Untuk PBB nanti Pak Erwin yang kembalikan sebelum batas akhir penutupan," tambahnya.

Ketua Tim Penjaringan Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate PBB, Iksan Bahruddin mengatakan, PBB pada prinsipnya selalu membuka ruang bagi siapa saja yang mau mendaftar.

"Bakal calon yang mendaftar di PBB harus mengikuti aturan main, salah satunya ialah lolos standar dan instrumen internal yang menjadi syarat partai," sebutnya.

Iksan menjelaskan, PBB tidak sembarangan memberikan tiket pada Pilwako Ternate November mendatang. Karena Pemberian rekomendasi partai berdasarkan hasil uji aspirasi publik melalui metode internal partai, salah satunya adalah respon tentang sepak terjang setiap bakal calon yang mendaftar di PBB.

Hasil survei juga menjadi acuan untuk melihat elektabilitas, kapabilitas, dan popularitas bakal calon.

"Tentu metode internal PBB juga tidak bisa dikesampingkan, sebagai parameter mengukur sejauh mana popularitas dan elektabilitas seorang calon. PBB beda dengan partai lain," jelasnya.

Iksan menambahkan, mekanisme PBB dimulai dari tingkat bawah, jadi biar ada yang potong kompas, DPP tetap mengacu pada hasil di tingkat paling bawah sebagai ukuran.

"Ini sudah pernah terjadi di perpolitikan ternate sebelumnya. Jadi tara bisa serta merta langsung potong kompas dari atas, PBB punya mekanisme tersendiri," pungkasnya.

Ketua DPC PBB Kota Ternate, Abdul Yuud H. Yamani mengatakan, Erwin adalah calon pemimpin mudah yang memiliki modal komunikasi yang baik.

"Erwin terus membangun komunikasi dengan PBB. Ini menjadi salah satu modal beliau ke depan sebagai calon pemimpin muda," tutupnya.

Erwin Umar tercatat sebagai pendaftar ketiga, sebelumnya ada Syahril Abdur Rajak dan M. Tauhid Soleman, rencananya siang ini Ike Masita Tunas juga mendaftar. (Ham/red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini