BK Jadi Irup Upacara Harkitnas

Sebarkan:


LABUHA - Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan melaksanakan upacara Hari Kebangkitan Nasional atau Harkitnas di Halaman Kantor Bupati Halmahera Selatan, Senin (20/5) pagi tadi.

Bupati Halmahera Selatan Bahrain Kasuba bertindak inspektur upacara atau Irup sekaligus membacakan amanat atau sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara.

Sambutan tertulis itu mengingatkan semangat Sumpah Palapa. Pernyataan atau sumpah yang dikemukakan Gajah Mada pada upacara pengangkatannya menjadi Patih Amangkubhumi Majapahit ini merupakan embrio paling kuat bagi janin persatuan dan kesatuan Indonesia. 

“ Nusantara disatukan oleh Gajah Mada. Ini menjadi acuan bagi perjuangan berat pahlawan nasional untuk mengikat wajah Indonesia secara de jure terwujud dalam NKRI saat ini,” ungkap Bahrain saat membacakan sambutan Menkominfo.

Peringatan Harkitnas yang ke-111 kali ini sangat relevan jika dimaknai dengan teks Sumpah Palapa. Ini karena saat ini Indonesia dalam situasi pasca pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat Indonesia.

“ Kita mengaspirasikan pilihan yang berbeda-beda dalam pemilu,  namun semua pilihan pasti kita niatkan untuk kebaikan bangsa. Oleh sebab itu  tak ada  maslahatnya jika dipertajam dan  justru mengoyak persatuan sosial kita,” sambung bupati yang kerap di sapa BK ini. (Saf)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini