Perdana Bertugas di Kodim Labuha, Dandim Programkan TNI Belanja di Pasar

Sebarkan:

Dandim 1509/Labuha, Letkol Inf. Untung Prayinto bersama Sekda Helmi Surya Botutihe didampingi Kadis Perindagkop memantau SCBD (istimewa).

HALSEL - Baru sepekan bertugas di Kodim 1509/Labuha Kabupaten Halmahera Selatan sebagai Dandim, Letkol Inf. Untung Prayitno mencanangkan program TNI belanja di pasar. Program ini dilakukan untuk menopang pendapat para penjual di pasar ditengah wabah virus covid-19.

Letko Inf.Uuntung ketika ditemui di ruang kerjanya, Rabu 12/8/2020 siang tadi mengatakan, gerakan TNI belanja di pasar ini sejalan dengan peraturan presiden nomor 82 tahun 2020 yang dikeluarkan pada tanggal 20 Juli tentang pembentukan komite pencegahan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

"Rencana saya dengan TNI belanja di pasar ini cocok dengan keputusan presiden tersebut," kata Letkol INF. Untung.

Progam TNI belanja di pasar ini juga sudah disampaikan kepada pemerintah Kabupaten Halmahera melalui Sekertaris Daerah Surya Helmi Botutih bawah, dalam waktu dekat ini, seluruh prajurit yang ada di wilayah hukum Halmahera Selatan beserta keluarganya dikerahkan untuk belanja di pasar.

"Ini akan program yang sifatnya reguler. Entah itu nanti sebulan sekali atau seminggu sekali serempak kita belanja di pasar," tuturnya.

Tujuannya, selain meningkatkan pendapatan para penjual di pasar, program TNI belanja di pasar ini juga sekaligus mengedukasi protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker pada saat melakukan transaksi jual beli. Selain itu kata Letkol Inf. Untung, TNI juga ikut mensosialisasikan kepada warga di pasar bawah, pada saat detik-detik proklamasi 17 Agustus seluruh aktifitas dihentikan selama tiga menit. 

"Yang kita edukasi bukan hanya di instansi pemerintah tapi masyarakat umum terutama di pasar. Jadi disela-sela gerakan TNI belanja di pasar kita juga kita mengedukasi tetap pakai masker dan berhenti beraktifitas selama tiga menit pada saat detik-detik proklamasi," ujarnya.

Sebelumnya, lulusan Akademi Militer tahun 2001 ini bersama Sekertaris Daerah Helmi Surya Botutihe, Kepala Dinas Perindagkop M. Nur mengunjungi kawasan Saruma Central Bisnis Distrik (SBCD) yang terletak di Desa Tuwokona Kecamatan Bacan Selatan. (Buwas/PM)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini